ADVERTISEMENT

Arti Predikat Magna Cumlaude yang Diraih Suami Maudy Ayunda Saat Lulus

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Sabtu, 02 Jul 2022 11:30 WIB
Jesse Choi Suami Maudy Ayunda
Jesse Choi suami Maudy Ayunda (Foto: Instagram @maudyayunda)
Jakarta -

Magna Cumlaude adalah satu predikat yang jadi banyak impian mahasiswa. Jesse Choi, suami Maudy Ayunda memiliki predikat Magna Cumlaude dari Columbia University, New York. Predikat ini dapat dilihat langsung profil LinkedIn miliknya.

Predikat Magna Cumlaude tidak sama dengan Cumlaude, lantas apa yang membedakan keduanya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Merangkum dari situs resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), predikat Cumlaude diberikan kepada mahasiswa yang nilai indeks prestasi kumulatif atau IPK-nya tinggi dan memenuhi syarat-syarat dari kampus.

Berdasarkan sejumlah pengelompokan umum predikat kelulusan berdasarkan IPK menurut Universitas Padjajaran (Unpad):

IPK 2.75 - 3,40 Memuaskan
IPK. 3,41 - 3,70 Sangat Memuaskan
IPK. 3,71 - 4,00. Dengan Pujian

Pengertian Cumlaude dan Jenis-jenisnya

A. Cumlaude

Predikat Cumlaude yang berarti Dengan Pujian atau Kehormatan diberikan kepada mahasiswa yang meraih IPK di atas 3,50, yakni 3,51 sampai 3,79. Dalam mendapatkan gelar ini yang dibutuhkan bukan hanya sekadar IPK. Masa studi dan nilai memuaskan dalam seluruh mata kuliah juga harus didapatkan.

B. Magna Cumlaude

Predikat Magna Cumlaude diberikan kepada mahasiswa yang IPK-nya di atas 3,79, yakni kisaran 3,80 hingga 3,99. Mahasiswa yang memperoleh Magna Cumlaude lulus dengan gelar Kehormatan Besar atau With Great Honor.

Dalam mendapatkan gelar ini, mahasiswa wajib lulus tepat waktu dan tidak boleh mengulang mata kuliah.

C. Summa Cumlaude

Predikat ini merupakan yang tertinggi dari dua jenis Cumlaude sebelumnya. Jika ingin memperoleh Summa Cumlaude, IPK akhir harus di atas 3,99. Artinya, IPK harus sempurna 4,00.

Mahasiswa Summa Cumlaude menyandang gelar Kehormatan Tertinggi atau With Highest Praise. Predikat Summa Cumlaude ditujukan kepada mahasiswa yang nilainya sempurna dalam seluruh mata kuliah.

Agar bisa mendapatkan Summa Cumlaude, mahasiswa juga tidak boleh gagal dalam mata kuliah apa pun dan wajib lulus tepat waktu.

Bagaimana Cara Mendapatkan Predikat Cumlaude?

Mahasiswa yang ingin memperoleh predikat Cumlaude hendaknya memenuhi syarat kelulusan dan selangkah lebih unggul dari mahasiswa lain. Dikutip dari lnstagram resmi @diktivokasi, berikut cara meraih predikat Cumlaude:

1. Maksimalkan Semua Nilai di Mata Kuliah

Mahasiswa harus beradaptasi dengan cepat dan menganalisa mata kuliah apa saja yang sulit dan mudah. Lalu, tanpa pilih-pilih kamu bisa menyusun prioritas berdasarkan kesulitan dan menentukan cara tepat untuk mengejarnya.

2. Perhatikan Waktu Kelulusan

Predikat Cumlaude sangat memperhatikan tahun kelulusan. Jangan sampai mahasiswa tidak lulus dengan tepat waktu hanya karena banyak bersantai.

3. Cara Belajar Inovatif

Dalam memilih cara belajar yang inovatif dinilai penting untuk membantu mahasiswa mendapatkan nilai yang baik. Hal ini dapat dilakukan dengan mencari referensi belajar yang lebih banyak dibandingkan dengan yang lain, bisa juga dengan diskusi langsung bersama dosen.

4. Jangan Sering Bolos

Absen atau kehadiran juga menjadi faktor yang menentukan penilaian Cumlaude. Saat mahasiswa sering bolos dan tidak masuk kelas atau praktikum, maka dosen akan mempertimbangkan predikat Cumlaude.

5. Kumpulkan Tugas Tepat Waktu

Tugas yang diberikan oleh dosen membantu mahasiswa berlatih dalam bidang yang diambil. Mengerjakan dan mengumpulkannya dengan tepat waktu akan menjadi nilai plus bagi mahasiswa.

6. Minta Saran Penasihat Jurusan

Mintalah saran dan nasihat dari dosen yang bertugas sebagai penasihat jurusan di kampus. Berdiskusi dengan mereka akan membantu mahasiswa memahami tentang jurusannya.

7. Berdoa

Jika semua cara sudah dilakukan, maka cara terakhir adalah berdoa. Serahkan segala urusan dan usaha kepada Tuhan. Keistimewaan predikat Cumlaude ini dapat menjadi peluang para mahasiswa untuk melanjutkan jalur beasiswa ataupun ke dunia kerja.

Itulah penjelasan mengenai Cumlaude dan jenis-jenisnya. Apa kalian tertarik untuk lulus dengan predikat Cumlaude detikers?



Simak Video "Adik Maudy Ayunda Dilamar Sang Kekasih"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia