ADVERTISEMENT

Profesi Data Science Banyak Diincar Perusahaan, Bagaimana Gajinya?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 27 Jun 2022 13:30 WIB
Data Science memiliki prospek karier menjanjikan pada era serba teknologi
Foto: Doc. Algoritma Data Science School/Profesi Data Science Banyak Diincar Perusahaan, Bagaimana Gajinya?
Jakarta -

Data Science atau Sains data adalah jurusan bidang teknologi yang memiliki prospek karier menjanjikan pada era perkembangan teknologi. Jurusan Data Science banyak tersedia di beberapa kampus Indonesia seperti Unair, IPB, Binus, hingga Iteba.

Melansir catatan di laman Institut Teknologi Batam (Iteba), pada tahun 2021, Harvard Business Review menyebut bahwa profesi Sains Data akan menjadi prospek kerja yang menjanjikan di abad ke-21.

Berdasarkan sebuah penelitian tahun 2018, jumlah data di dunia mencapai 33 zettabytes dan diproyeksikan akan meningkat 133 zettabytes pada 2025.

Dengan data ini, maka perusahaan sangat membutuhkan seseorang untuk bisa mengumpulkan dan mempelajari pola perilaku pelanggan. Sains data sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas produk atau bahkan membuat sebuah inovasi bisnis.


Prospek Karier Data Science di Masa Depan:

1. Potensi Gaji yang Tinggi

Iteba mencatat, sulitnya mendapat seorang Data Scientist di Indonesia membuat profesi ini bisa digaji tinggi. Data Scientist junior di Indonesia mendapatkan gaji sekitar 7-10 juta. Sedangkan untuk pakar Data Scientist di Indonesia mendapatkan gaji di atas 10 juta.

Gaji tinggi ini bukan tanpa alasan karena sekitar 12% pemangku kepentingan di sebuah perusahaan belum paham cara menganalisis big data. Sementara, 10% perusahaan masih kekurangan Data Scientist.

2. Lapangan Pekerjaan Terbuka

Menurut laporan World Economic Forum tahun 2022, Data Science menjadi salah satu dari 10 pekerjaan yang paling dicari di Indonesia.

Laporan LinkedIn juga mempertegas hasil penelitian tersebut dan mengungkapkan bahwa permintaan tenaga kerja Data Scientist telah meningkat dibanding lima tahun yang lalu.

Data-data ini menunjukkan bahwa lulusan Data Science sangat menjanjikan di masa depan. Hal ini juga dikonfirmasi oleh International Business Machines (IBM) yang mengatakan bahwa pekerjaan Data Scientist, Data Developer, dan Engineer akan meningkat mulai tahun 2020.

3. Bisa untuk Lulusan Teknik Elektro hingga Matematika

Menjadi Data Scientist tak harus berasal dari lulusan jurusan Data Science. Hal ini karena bidang Sains Data adalah ilmu interdisiplin atau ilmu gabungan dari beberapa bidang, seperti Ilmu Ekonomi, Matematika, dan Elektro.

Modal penting untuk menjadi Data Scientist adalah menguasai ilmu pemodelan, algoritma, analisis, machine learning, dan bahasa pemrograman.

Tips Berkarier di Bidang Data Science...

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia