4 Keuntungan Memilih D2 Fast Track, Bisa Cepat Lulus!

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 27 Mei 2022 13:45 WIB
Adu Terampil Mekanik Isuzu
ilustrasi teknisi SMK. Foto: Dok. Isuzu
Jakarta -

Salah satu program link and match dari Kemendikbudristek adalah menjalankan program Diploma Dua (D2) jalur cepat (fast track). Program D2 fast track juga bertujuan untuk menciptakan tenaga kerja yang ahli dan terampil.

Dengan program ini siswa lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) dapat mengikuti seleksi program D2 fast track. Program D2 fast track terdapat di perguruan tinggi vokasi negeri maupun swasta.

Durasi pendidikan di perguruan tinggi vokasi yaitu memakan waktu tiga semester atau 1,5 tahun dengan kredit yang diambil sebesar 72 SKS. Adapun calon mahasiswa dapat menyetarakan sertifikasi kompetensi/keahlian sejak SMK dan sebagai kredit perkuliahan melalui mekanisme Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Setelah itu, perkuliahan kemudian dilanjutkan di perguruan tinggi vokasi yang dapat ditempuh selama satu semester dan program magang di dunia kerja atau industri selama 2 semester.

Terdapat SMK yang telah melaksanakan program D2 fast track yaitu SMK PGRI 1 Mejayan, Madiun, Jawa Timur. SMK ini bekerja sama dengan Politeknik Negeri Madiun dan PT INKA. Program studi D2 fast track di SMK PGRI 1 Mejayan adalah pengolahan logam.

Saat ini ada 24 siswa dari SMK PGRI 1 Mejayan yang telah menjadi mahasiswa program D-2 Jalur Cepat dan sudah memasuki semester tiga.

Ada 4 keuntungan yang didapat prodi D2 fast track, apa saja? Berikut penjelasannya yang dikutip dari laman Vokasi Kemdikbud:

1. Memberikan Rasa Percaya Diri

Dengan program D2 fast track, anak SMK dapat lebih percaya diri. Hal ini dikarenakan program D2 fast track bukan merupakan akhir sekolah. Dengan program ini mereka dapat melanjutkan hingga jenjang sarjana bahkan pascasarjana terapan.

2. Waktu Lebih Singkat

Durasi perkuliahan D2 fast track lebih cepat dibandingkan dengan D2 biasa. Dengan D2 fast track, program ini dapat ditempuh dua tahun maka anak SMK cukup menempuh 1,5 tahun saja untuk merampungkan jenjang D2 tersebut.

3. Lebih Kompeten

80 Persen pembelajaran D2 fast track lebih ke praktik. Sehingga program ini mewajibkan magang di dunia kerja atau industri selama 2 semester maka siswa lebih komputen.

Selama magang kemampuan soft skill siswa juga akan ditingkatkan.

4. Lebih Mudah Mencari Pekerjaan

Tujuan program D2 fast track adalah menghasilkan lulusan cepat dan terampil di bidang tertentu. Dengan begitu, lulusan D2 fast track lebih mudah mencari pekerjaan dan mendapatkan peluang gaji yang lebih tinggi dibanding lulusan SMK saja.

Nah itulah keuntungan dari prodi D2 fast track. Apa tertarik mengambilnya detikers?



Simak Video "Penjualan Motor Mei 2022 Anjlok 43%, Apa Sebabnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia