5 Prospek Karier Menjanjikan di Bidang Kuliner, Mahasiswa Tertarik?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 18 Mei 2022 10:00 WIB
Pembalap Ducati Lenovo Team Francesco Bagnaia (kanan) menerima kopi pesanannya dari barista Sedjiwa Kopi di media center usai balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022) malam. Stan kopi tersebut memberikan layanan kopi gratis bagi para pembalap dunia, kru tim balap serta media dari berbagai negara yang meliput acara MotoGP Mandalika sebagai sarana promosi kopi Indonesia terutama kopi lokal Lombok ke kancah internasional. ANTARA FOTO/Andika Wahyu/nym.
Foto: ANTARA/ANDIKA WAHYU/5 Prospek Karier Menjanjikan di Bidang Kuliner, Mahasiswa Tertarik?
Jakarta -

Kuliner merupakan salah satu bidang yang terus berkembang dan bisa menjadi karier menjanjikan di masa depan. Terlebih dengan tren kuliner yang ada di tengah anak muda, membuat banyak posisi dibutuhkan.

Peluang ini menjadi hal patut dilihat oleh mahasiswa baik yang sedang berkuliah di jurusan kuliner ataupun yang tertarik dengan dunia perkulineran.

Berikut ini adalah beberapa prospek karier di bidang kuliner, dikutip dari laman Ditjen Vokasi Kemdikbud RI.


Prospek Karier Bidang Kuliner yang Menjanjikan:


1. Food Stylist

Makanan yang tersaji lezat dan menggiurkan biasanya memiliki nilai estetika dalam penyajiannya. Hal tersebut merupakan pekerjaan dari seorang food stylist.

Pekerjaan sebagai food stylist merupakan salah satu pekerjaan di bidang kuliner yang memerhatikan keindahan penyajian makanan atau minuman.

Restoran dan banyak tempat wisata makanan sangat membutuhkan posisi ini hingga masa depan.


2. Wirausaha Kuliner

Bagi kamu yang punya jiwa bisnis tentu menjadi seorang wirausahawan patut dicoba. Munculnya berbagai ide kreatif serta inovasi menu makanan maupun minuman merupakan sebuah modal untuk membangun sebuah bisnis kuliner yang menjanjikan.

Terlebih, belakangan ini kuliner menjadi salah satu sorotan bagi industri-industri kreatif dalam mengimplementasikan bidang keahliannya.

Tidak harus bermodal besar, berawal dari yang sederhana dan dijalani dengan tekun, usaha kuliner dapat berkembang menjadi sebuah peluang bisnis yang sangat menjanjikan.


3. Koki

Jika kamu suka memasak dan senang belajar banyak hal dalam olahan makanan, profesi koki sangat cocok. Biasanya lulusan bidang kuliner dapat berpeluang untuk bekerja sebagai profesi koki.

Dengan bekal kompetensi dan sertifikasi yang dimiliki, lulusan bidang keahlian kuliner ini menjadi salah satu nilai tambah yang dapat menjadi jawaban dari kebutuhan industri bidang kuliner.


4. Barista

Menjamurnya bisnis kopi di kalangan anak muda membuat profesi barista menjadi pekerjaan yang sangat menjanjikan.

Baik lulusan bidang kuliner ataupun berpengalaman di bidang barista bisa mengisi posisi ini sebagai karier di masa depan. Terlebih dengan pengalaman yang dimiliki, biasanya seorang barista juga bisa memiliki bisnis kopi tersendiri.


5. Food Vlogger

Majunya media sosial turut membuat bidang kuliner juga terus berkembang. Selain sebagai media promosi, media sosial juga bisa menjadi prospek karier bidang kuliner.

Lulusan bidang keahlian kuliner, bisa juga menjadi seorang food vlogger. Berbekal dengan pengalaman selama pembelajarannya, lulusan bidang keahlian kuliner dapat memberikan nilai mengenai berbagai kuliner dan mengemasnya dalam bentuk video yang kemudian diunggah di beberapa kanal media sosial.

Nah, itulah 5 prospek karier bidang kuliner yang menjanjikan di masa depan. Apakah mahasiswa tertarik?



Simak Video "5 Pekerjaan Teknologi yang Menjanjikan di Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia