Profil 3 Calon Rektor UGM, Kandidat Ada yang Gubes Perempuan

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 13 Mei 2022 19:02 WIB
Konferensi pers Seleksi Calon Rektor UGM 2022-2027, Kamis (12/5/2022).
Calon Rektor UGM 2022-2027. Foto: Jauh Hari Wawan S/detikJateng
Jakarta -

Tiga nama calon Rektor UGM telah diumumkan melalui rapat pleno Senat Akademik UGM dengan agenda Seleksi Calon Rektor UGM 2022-2027, Kamis (12/5/2022). Ada satu kandidat perempuan yang lolos dalam tahap ini.

Ketiga nama tersebut adalah Prof. dr. Ova Emilia, M. Med., Ed., Sp.OG (K)., Ph.D. dari Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat UGM serta Prof. Dr. Ir. Bambang Agus Kironoto dan Prof. Dr. Ir. Deendarlianto, S.T., M. Eng. yang sama-sama dari Fakultas Teknik UGM.

Rapat tersebut turut dihadiri oleh enam calon rektor yang termasuk juga ketiga nama di atas. Sementara, ketiga nama lainnya adalah Prof. Dr. Sigit Riyanto, S.H., LL.M. dari Fakultas Hukum, Prof. drh. Teguh Budipitojo, M.P., Ph.D. dari Fakultas Kedokteran Hewan, juga Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA., DEA., IPU., ASEAN Eng. dari Fakultas Peternakan. Semuanya dari UGM.

Seluruh kandidat mengungkapkan visi dan misi, strategi, serta program kerja masing-masing. Presentasi tersebut kemudian disambung dengan tanya jawab dan penilaian. Adapun penilaiannya dilaksanakan dengan metode digital menggunakan lima kriteria, sesuai pasal 16 Peraturan MWA (Majelis Wali Amanat) Nomor 3/2016.

"Alhamdulillah acara rapat pleno berlangsung lancar dan telah menghasilkan tiga calon rektor terseleksi," ucap Ketua Pansel Suratman, dikutip dari laman UGM.

Setelah ketiga calon Rektor UGM ini terpilih, kemudian akan diserahkan kepada pimpinan MWA dan akan dilaksanakan pemilihan serta penetapan pada 20 Mei 2022 mendatang.

Profil 3 Kandidat Rektor UGM 2022

1. Prof. dr. Ova Emilia, M. Med., Ed., Sp.OG (K)., Ph.D.

Prof Ova Emilia adalah Guru Besar Pertama Bidang Pendidikan Kedokteran di Indonesia. Dia juga sering disebut Guru Besar Kurikulum Pendidikan Dokter.

Gelarnya ini dikukuhkan di Balai Senat UGM saat perayaan Kartini tahun 2016 lalu.

2. Prof. Dr. Ir. Bambang Agus Kironoto

Prof Bambang merupakan calon Rektor UGM yang aktif di sejumlah organisasi. Beberapa yang dia ikuti adalah:

  • HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia)
  • INKINDO DIY (Ikatan Nasional Konsultan Indonesia)
  • HPJI (Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia)
  • PII (Persatuan Insinyur Indonesia)
  • International Commission for Concrete Model Code (ICCMC) for Asia
  • HATHI (Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia)
  • International Commission for Concrete Model Code (ICCMC) for Asia

3. Prof. Dr. Ir. Deendarlianto, S.T., M. Eng.

Prof Deendarlianto adalah salah satu dosen berprestasi di UGM. Dia sudah menyandang prestasi di sejumlah kompetisi serta kegiatan fellowship.

Salah satu di antaranya adalah juara dua nasional pengajar berbakat tahun 2015, Georg Forster Research Fellowship Award, lalu juara pertama pengajar berbakat UGM tahun 2014, dan Alexander von Humboldt Stiftung, Jerman pada 2008.

Itulah ketiga calon Rektor UGM untuk kelima tahun mendatang. Siapakah yang akan terpilih?



Simak Video "Prof Ova Terpilih Jadi Rektor UGM, Nadiem: Orang yang Sangat Tepat"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/kri)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia