Calon Rektor UGM 2022-2027, Dosen Berprestasi-Gubes Pertama Pendidikan Kedokteran

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 13 Mei 2022 11:00 WIB
Seleksi calon rektor UGM
Seleksi calon rektor UGM. Foto: UGM
Jakarta -

Tiga calon Rektor UGM 2022-2027 berhasil dipilih melalu rapat pleno senat akademik. Rapat pleno ini dilaksanakan pada Kamis (12/5).

Rapat pleno Senat Akademik UGM dilakukan secara luring dan menerapkan prokes ketat yang diawasi oleh COVID-19. Ada tiga calon Rektor UGM yang terpilih Bambang Agus Kironoto dari Fakultas Teknik, Deendarlianto dari Fakultas Teknik, dan Ova Emilia dari Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat.

Adapun, Rapat Pleno Senat Akademik UGM dengan agenda Seleksi Calon Rektor UGM periode 2022-2027 dihadiri oleh Ketua Senat Akademik Sulistiowati, didampingi oleh Sekretaris Senat Akademik Endy Suwondo, dan Ketua Pansel Dr. Suratman yang dilaksanakan di Graha Sabha Pramana.

Sebanyak 80 anggota senat akademik UGM menghadiri rapat. Selain itu, Ketua Panitia Seleksi Calon Rektor UGM Suratman mengatakan acara rapat Pleno ini juga dihadiri 6 bakal calon rektor.

Keenam calon Rektor tersebut yaitu Ali Agus dari Fakultas Peternakan, Bambang Agus Kironoto dari Fakultas Teknik, Deendarlianto dari Fakultas Teknik, Ova Emilia dari Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat, Sigit Riyanto dari Fakultas Hukum, dan Teguh Budipitojo dari Fakultas Kedokteran Hewan.

Semua bakal calon Rektor UGM menyampaikan program kerja, visi dan misi yang sesuai dengan kebijakan umum UGM, dan strategi pencapaiannya. Setelah proses presentasi selesai dilanjutkan tanya jawab serta proses penilaian.

Penilaian dilakukan secara digital dengan 5 kriteria yang sesuai dengan pasal 16 Peraturan MWA Nomor 3 Tahun 2016.

"Alhamdulillah acara Rapat Pleno berlangsung lancar dan telah menghasilkan tiga calon rektor terseleksi," papar Suratman yang dikutip dari laman UGM.

Suratman menjelaskan setelah 3 calon rektor terpilih selanjutnya dilanjutkan kepada pimpinan MWA dan akan dilakukan pemilihan dan penetapan pada 20 Mei 2022.

Profil Calon Rektor UGM

1. Ova Emilia

Ova Emilia merupakan guru besar pertama di bidang pendidikan kedokteran di Indonesia. Ova juga disebut sebagaiguru besar kurikulum pendidikan dokter.

Gelar itu ia dapatkan melalui pengukuhan yang dilaksanakan di Balai Senat UGM pada Hari Kartini tahun 2016 lalu.

2. Deendarlianto

Deendarlianto merupakan salah satu dosen berprestasi yang dimiliki oleh UGM. Ia memenangkan beberapa kompetisi dan fellowship.

Salah satunya yaitu jura kedua nasional sebagai pengajar berbakat tahun 2015, juara pertama pengajar berbakat UGM tahun 2014, dan Georg Forster Research Fellowship Award, Alexander von Humboldt Stiftung, Germany pada tahun 2008.

3. Bambang Agus Kironoto

Berbeda dengan dua calon lainnya, Bambang aktif dalam beberapa organisasi. Organisasi yang diikutinya adalah sebagai berikut:

- HATHI (Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia)

- INKINDO DIY (Ikatan Nasional Konsultan Indonesia)

- HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia)

- PII (Persatuan Insinyur Indonesia)

- HPJI (Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia)

- International Commission for Concrete Model Code (ICCMC) for Asia

- Indonesian Society of Structural-Professional Engineer

Demikianlah profil 3 calon Rektor UGM 2022-2027. Semoga amanah ya kedepannya!



Simak Video "Usulan Buat Pertamina Agar Masyarakat Hijrah ke Pertamax"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia