10 Jurusan yang Banyak Dipilih di Kampus Swasta, Mulai Tel-U sampai Trisakti

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 12 Mei 2022 19:00 WIB
Gedung Rektorat Telkom University.
Jurusan ramai peminat di kampus swasta. Foto: Dok. Telkom University
Jakarta -

Indonesia juga memiliki sejumlah kampus swasta berkualitas yang bisa dipilih calon mahasiswa, Telkom University misalnya. Perguruan tinggi ini menempati peringkat pertama versi Webometrics 2022 di Indonesia. Kemudian, tepat di bawahnya ada Binus University.

Bagi yang akan masuk perguruan tinggi di tahun ini, informasi mengenai jurusan favorit berbagai perguruan tinggi swasta (PTS) bisa kalian lirik. Apa saja ya?

Jurusan yang Banyak Diminati di Universitas Swasta

1. Data Science, Binus University

Kalian yang tertarik dengan pemanfaatan big data untuk bisnis, bisa memilih program studi (prodi) ini. Perkuliahannya mempelajari tentang pengolahan big data dengan teknik analisis dan simulasi menggunakan ilmu statistika.

Selain itu, terdapat materi mengenai jenis-jenis data yang dihasilkan melalui proses bisnis dan operasional perusahaan. Data-data tersebut lalu dianalisis dengan teknik penambangan data guna mengetahui kinerja suatu bisnis dan identifikasi peluang baru.

Beberapa prospek kerja lulusan Data Science adalah sebagai data scientist, business analyst, data engineer, data analyst, dan lainnya.

2. Teknik Telekomunikasi, Telkom University

Teknik Telekomunikasi Tel-U mempelajari tentang rekayasa dalam bidang telekomunikasi, seperti rekayasa teknologi, protokol, layanan, desain, serta teknik pengiriman informasi broadband.

Tak hanya itu, mahasiswa kampus swasta ini juga akan memperoleh materi entrepreneurship, kerja sama antardisiplin ilmu, juga kemandirian.

3. Kedokteran, Universitas Trisakti

Prodi Kedokteran Trisakti mendalami ilmu kedokteran dalam satuan modul yang merupakan gabungan ilmu biomedik, klinik dasar, klinik, kedokteran komunitas, dan lain sebagainya. Pembelajarannya akan dilakukan secara interaktif, juga dengan diskusi kelompok tutorial, pleno, pelatihan keterampilan, dan praktikum. Tentunya, mahasiswa Kedokteran di sini pun akan mengkaji kasus-kasus klinis untuk menentukan masalah serta mempelajarinya.

4. Akuntansi, Perbanas Institute

Prodi Akuntansi Perbanas mempunyai beberapa konsentrasi, antara lain auditing, akuntansi manajemen, akuntansi keuangan, sistem akuntansi, akuntansi perbankan keuangan, pajak, sistem akuntansi, akuntansi perbankan syariah, dan akuntansi perbankan konvensional.

Beberapa prospek kariernya adalah akuntan publik, auditor, auditor internal, akuntan manajemen, akuntan ahli pajak, akuntan ahli sistem informasi, akuntan bank konvensional, akuntan bank syariah, serta lain sebagainya.

Jurusan banyak diminati di kampus swasta lainnya >>>

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia