10 Prospek Karier Menjanjikan Jurusan Manajemen, Kamu Tertarik?

fahri zulfikar - detikEdu
Selasa, 10 Mei 2022 16:00 WIB
Ilustrasi presentasi.
Ilustrasi prospek karier lulusan manajemen. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Jurusan manajemen menjadi salah satu bidang ekonomi yang cukup diminati banyak mahasiswa. Salah satu alasannya karena keahlian manajemen banyak dibutuhkan industri kerja.

Dalam jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari mengenai bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi. Lulusan jurusan manajemen akan fokus pada kegiatan mengelola, merencanakan, dan mengatur (manajemen) semua proses dalam perusahaan untuk mencapai tujuan.

Dengan keahlian yang dimiliki, seorang lulusan manajemen akan memiliki prospek karier yang luas dan menjanjikan. Lantas apa saja prospek karier tersebut?

Berikut ini prospek karier jurusan manajemen dikutip dari laman Binus University, Selasa (10/5/2022).

10 Prospek Karier Menjanjikan Jurusan Manajemen:

1. Manajemen Trainee

Bagi kamu yang ingin belajar kepemimpinan dalam perusahaan, posisi ini bisa cocok. Management trainee adalah program pelatihan untuk peserta yang akan menjadi manajer di perusahaan tersebut.

2. Manajer Keuangan

Sebagai lulusan manajemen, kamu juga bisa memiliki karier menengah ke atas sebagai seorang manajer keuangan. Profesi ini bertugas melakukan perencanaan, pengelolaan, serta pengendalian aset yang dimiliki perusahaan.

3. Manajer SDM

Tugas seorang manajer Sumber Daya Manusia di perusahaan adalah melakukan perencanaan SDM, perekrutan, hingga pelatihan.

4. Manajer Pemasaran

Dengan keahlian pengelolaan yang baik, lulusan manajemen juga memiliki peluang kerja sebagai seorang manajer pemasaran. Semakin ahli dan mampu mempengaruhi publik untuk membeli layanan produk atau jasa, maka perusahaan akan memberikan imbalan semakin besar.

5. Akuntan

Tidak melulu jurusan akuntansi yang bisa menjadi akuntan. Biasanya, yang memilih profesi akuntan adalah mahasiswa yang kuliah manajemen dengan peminatan khusus manajemen keuangan.

6. Konsultan Perbankan

Peluang bekerja sebagai konsultan perbankan sangat terbuka lebar untuk para lulusan Manajemen. Profesi ini memberikan layanan dalam rangka pengembangan usaha dunia perbankan.

7. Konsultan Bisnis

Masih sama-sama konsultan, posisi ini lebih melayani bisnis secara luas. Tugasnya yakni memberi layanan guna mengembangkan proyek proyek bisnis.

8. Dosen

Sama seperti jurusan lainnya, lulusan manajemen juga bisa menjadi pengajar seperti dosen. Tidak hanya memberikan ilmu akademis saja, dosen juga dituntut membantu para mahasiswanya untuk mengembangkan cara berpikir mahasiswa.

9. Pengusaha

Bagi kamu yang senang bekerja mandiri bisa mulai menjadi pengusaha. Dengan insting dan kemampuan mengelola usaha yang baik, lulusan manajemen punya modal untuk menjadi pengusaha.

10. Front Officer Bank

Lulusan Manajemen juga bisa menjadi seorang Teller atau Customer Service. Kehadiran ATM hingga online banking saat ini tidak secara otomatis menghapus peran manusia dalam menjadi seorang Teller maupun Customer Service.

Itulah 10 prospek karier menjanjikan jurusan manajemen. Apakah detikers ada yang tertarik?



Simak Video "Aliansi Mahasiswa Demo Protes RKUHP Tiba di DPR, Lalin Tersendat"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia