Deretan Prospek Karier Jurusan Akuntansi, Kamu Tertarik?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 04 Mei 2022 14:00 WIB
ilustrasi kelulusan
Foto: thinkstock
Jakarta -

Jurusan akuntansi menjadi salah satu jurusan kuliah paling favorit yang sering diincar calon mahasiswa. Salah satu alasannya karena jurusan bidang bisnis dan ekonomi ini memiliki prospek karier yang cerah.

Mahasiswa jurusan ini nantinya akan mempelajari hal yang berkaitan erat dengan laporan keuangan dan kinerja perusahaan, laporan pertanggungjawaban ke stakeholder, kebijakan keuangan, serta pengelolaan dan analitik data keuangan.

Oleh karena itu, profesi akuntan banyak dicari oleh perusahaan skala nasional maupun internasional dengan jenjang karier yang cerah.


Apa saja prospek karier jurusan akuntansi? Berikut ini ulasannya dikutip dari laman Binus University.


6 Prospek Karier Jurusan Akuntansi:


1. Auditor

Pekerjaan ini bertugas merancang, mengendalikan, mencatat, dan meninjau hal yang berkaitan dengan keuangan, mendapatkan bukti audit untuk mencapai kesimpulan rasional, melakukan compliance test, serta mengevaluasi pengendalian internal.


2. Management Accountant

Tugas Management Accountant adalah memperkirakan tren pasar di masa depan berdasarkan data, memprediksi arus kas, membantu mengambil keputusan, menganalisis Rate of Return (ROR), dan realisasi kinerja.


3. Business Analyst

Menganalisis data pasar dan perilaku konsumen adalah tugas seorang Business Analyst. Selain itu, profes ini juga bertugas menyusun struktur organisasi, dan kebijakan perusahaan serta mengkaji aspek teknologi dan memberi laporan pada perusahaan.


4. Fraud Investigator

Fraud Investigator memiliki tugas melakukan investigasi terkait dugaan tindakan pelanggaran atau kecurangan yang terjadi di perusahaan.


5. Tax Accountant

Soal pajak akan diurus oleh seorang Tax Accountant. Tugasnya mulai dari mempersiapkan perhitungan dan pelaporan pajak perusahaan, memperkirakan pengembalian pajak, membuat laporan bulanan dan tahunan, hingga memvalidasi pajak dan transaksi keuangan.


6. Tax Officer

Masih soal pajak ada juga Tax Officer yang bertugas merancang perencanaan pajak, bertanggung jawab atas pengaturan database pajak perusahaan, menyiapkan dokumen perpajakan, menghitung pajak, melapor dan membayar pajak tepat waktu, serta mendokumentasikan faktur pajak.


Itulah 6 prospek karier jurusan akuntansi. Apakah ada yang detikers ingin jadikan karier?



Simak Video "Daftar Pekerjaan yang Akan Tergantikan oleh Robot "
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia