9 Negara Terbaik untuk Kuliah di Eropa, Finlandia Termasuk?

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 23 Mar 2022 16:00 WIB
Scenic summer panorama with elegant art nouveau buildings and yacht marina of Helsinki
Negara terbaik untuk kuliah di Eropa. Foto: Getty Images/iStockphoto/syolacan
Jakarta -

Negara-negara terbaik untuk kuliah di Eropa bukan Inggris, Jerman, atau Prancis. Negara yang termasuk di dalamnya adalah yang termasuk dalam 50 besar negara dengan sistem pendidikan tinggi terbaik menurut ranking QS (Quacquarelli Symonds), dinilai memberikan pengalaman belajar yang menarik, dan punya budaya yang unik.

Kombinasi faktor-faktor tersebut membuat beberapa negara yang akan kita bahas ini menjadi destinasi studi terbaik di Eropa. Simak negara mana saja yang dimaksud menurut QS Top Universities!

Negara Terbaik untuk Kuliah di Eropa

1. Swedia

Swedia adalah negara yang inklusif dan terbilang adil. Negara ini tergolong dari salah satu yang sangat maju dalam aspek kesetaraan kekayaan dan gender.

Bagi para pelajar, Swedia juga memiliki kondisi yang aman dan bersih. Berdasarkan QS ranking tentang Sistem Pendidikan Tinggi, negara ini ada di posisi ke-14. Salah satu keunggulan universitas-universitas di sana adalah dikenal mendorong siswanya berpikir kritis, independen, dan kreatif.

2. Italia

Berada di atas Swedia, Italia menduduki peringkat nomor 13 perihal Sistem Pendidikan Tinggi versi QS. Negara ini adalah rumah bagi sebagian universitas tertua di dunia dan 26 kampus di sana termasuk dalam perguruan tinggi terbaik di dunia menurut QS.

Tentu saja, sisi yang akan membuat mahasiswa internasional betah kuliah di Italia adalah pemandangan alam yang indah, lokasi bersejarah, inovasi, serta makanannya.

3. Austria

Austria berada di tengah-tengah Eropa dan merupakan tujuan yang direkomendasikan jika kalian punya rencana mengunjungi Jerman atau Swiss. Negara Austria ada di ranking ke 29 dalam peringkat Sistem Pendidikan Tinggi versi QS.

Negara ini pun memiliki variasi beragam mengenai bidang perkuliahan. Pasalnya, Austria terkenal dengan inovasi musik dan seni. Sehingga, ada banyak universitas jurusan seni yang dapat dipilih di sana.

4. Belgia

Jika ingin kuliah di Belgia, kalian perlu memahami bahasa Prancis, Flemish, atau juga Jerman. Bahasa Prancis dan Flemish adalah dua bahasa utama di sana.

Meski begitu, tak perlu khawatir karena juga ada banyak program kuliah berbahasa Inggris dan banyak warga Belgia yang memahami bahasa Inggris. Menurut QS ranking tentang Sistem Pendidikan Tinggi, negara ini ada di peringkat ke-15.

Terlebih lagi, ditambah dengan pemandangan alam pedesaan dan arsitektur bersejarah, Belgia cukup menjamin para mahasiswa betah kuliah.

5. Estonia

Perlu diketahui, negara Estonia direkomendasikan bagi yang ingin menggeluti bidang teknologi. Negara ini mempunyai lebih banyak bisnis rintisan yang sukses ketimbang negara Eropa lain, sebagai contoh adalah Skype dan TransferWise.

Selain itu, Estonia menawarkan pengalaman mengeksplorasi teknologi karena mereka melakukan digitalisasi atas banyak sekali fasilitas masyarakat.Sisi positif yang patut dipertimbangkan untuk kuliah di Estonia adalah, universitas di sana memiliki inisiatif untuk membantu mahasiswanya mewujudkan ide menjadi bentuk nyata.

6. Polandia

Polandia mendapati peningkatan jumlah mahasiswa internasional dan mengalami perkembangan di sektor edukasi yang terbilang kuat. Di sana terdapat Universitas Warsawa yang menduduki peringkat 344 sedunia.

Agar tidak jenuh kuliah, Polandia menghadirkan aktivitas untuk menikmati perkotaan maupun pedesaannya, seperti Pegunungan Tatra dan Laut Baltik. Negara ini menempati peringkat nomor 43 dalam QS ranking mengenai Sistem Pendidikan Tinggi.

7. Republik Ceko

Negara Ceko mempunyai sejarah yang panjang dalam hal sains, medis, dan permesinan. Perguruan tinggi terbaik di sana, Charles University, didirikan pada 1348.

Negara dengan peringkat 38 dalam hal Sistem Pendidikan Tinggi versi QS ini pun memiliki biaya hidup yang cenderung lebih rendah ketimbang negara Eropa lainnya. Dapat dikatakan, Ceko adalah salah satu negara Eropa yang biaya studinya lebih terjangkau.

8. Portugal

Kampus-kampus yang ada di Portugal, misalnya untuk bidang permesinan dan keperawatan, sebagian merupakan politeknik. Ibu Kota Portugal, Lisbon, juga dikenal dengan kiprah bidang ilmu sosial dan mesinnya.

Negara ini ada di posisi ke-35 dalam QS ranking Sistem Pendidikan Tinggi. Di samping itu, ada banyak yang bisa dinikmati dari negara Portugal, seperti festival, musik, acara olahraga, dan sebagainya.

9. Finlandia

Finlandia memperoleh peringkat nomor 19 dalam QS ranking Sistem Pendidikan Tinggi. Negara ini adalah salah satu yang sistem pendidikannya terbaik di dunia, padahal sistem pendidikan tingginya terbilang masih muda.

Layaknya kebanyakan negara Eropa, Finlandia juga punya perguruan tinggi berbasis politeknik yang dapat dipilih. Juga, kalian juga tidak perlu khawatir karena ada banyak program perkuliahan yang diajarkan dengan bahasa internasional tersebut.

Itulah beberapa negara terbaik untuk melanjutkan kuliah di Eropa. Negara mana tujuan kalian?



Simak Video "Finlandia Akan Gabung NATO, Rusia Anggap Ancaman Militer"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia