Mau Ambil Jurusan Hukum? Kenali Dulu 8 Peminatannya

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 04 Mar 2022 13:00 WIB
Ilustrasi Palu Hakim
8 Peminatan jurusan hukum di perguruan tinggi. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Pernahkah kalian menonton drama Korea Law School atau yang terbaru Juvenile Justice? Kedua drama tersebut, merupakan drama yang kental dengan nuansa ilmu hukum. Di dua drakor tersebut juga mengkaji setiap permasalahan dari segi peminatan ilmu hukum seperti pidana, perdata, ekonomi, hukum dan teknologi, acara (peradilan), internasional, tata negara, dan administrasi negara.

Sebelum detikers memilih jurusan hukum sebagai jurusan kuliah, ada baiknya juga mengetahui terlebih dahulu peminatan yang ada di jurusan hukum. Nah apa saja itu? Simak penjelasan berikut ini yang dikutip dari laman Universitas Atmajaya dan Universitas Kristen Satya Wacana:

Peminatan Ilmu Hukum

1. Hukum Pidana

Peminatan hukum pidana akan berfokus pada pencegahan dan penanggulangan kejahatan. Lulusan dari peminatan ini akan cenderung bekerja di pengadilan sebagai hakim, jaksa, pengacara, konsultan hukum, dan lainnya.

Di hukum pidana hal yang dipelajari adalah Hukum Penitensier, Tindak Pidana Narkotika, Tindak PidanaTeroris, Tindak Pidana Korupsi, Cyber Law, Tindak Pidana Perdagangan Anak, Pencemaran Nama Baik, Perbuatan Tidak Menyenangkan, Corporate Criminal, Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Penegakan Hukum Pidana Internasional dan masalah-masalah lain yang terkait bidang pidana.

2. Hukum Perdata

Hukum perdata merupakan konsentrasi favorit mahasiswa hukum. Hukum perdata membahas hak-hak dan kepentingan individu. Biasanya peminatan ini diambil bagi seseorang yang ingin menjadi notaris atau legal.

Mata kuliah di dalam hukum perdata adalah hukum keluarga dan waris, hukum perkawinan, hukum perselisihan, perbandingan hukum perdata, dan hukum adat dalam perkembangan.

3. Hukum Ekonomi

Hukum ekonomi berkaitan pada tingkah laku manusia dalam berdagang sehari-hari. Hukum ekonomi sering disebut dengan hukum dagang.

Prospek kerja yang ditawarkan yaitu menjadi seorang legal dan pengacara perusahaan. Mata kuliah yang akan dipelajari adalah hukum ekonomi, hukum perusahaan, hukum jaminan, hukum ekonomi internasional, dan hukum penanaman modal.

4. Hukum dan Teknologi

Peminatan ilmu hukum selanjutnya yaitu hukum dan teknologi berhubungan dengan media sosial dan interaksi di dalamnya. Hal yang akan ditilik adalah penyebaran ujaran kebencian. Selain itu juga perlindungan hukum yang dapat menaungi media, teknologi informasi, dan telekomunikasi serta Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

5. Hukum Acara (Peradilan)

Hukum acara berkaitan dengan hukum perdata dan hukum pidana. Namun peminatan ini lebih terfokus pada proses yang ada di dalam pengadilan seperti advokat, pembuktian, penghadiran serta syarat saksi.

Mahasiswa nantinya akan mempelajari teknik pemecahan kasus, perbandingan hukum acara, kapita selekta hukum acara, praktikum negosiasi dan mediasi, serta etika profesi hukum.

6. Internasional

Peminatan hukum internasional merupakan peminatan yang cukup baru dan memiliki banyak peminat. Peminatan ini diambil oleh mahasiswa yang ingin berkarier di Kementerian Luar Negeri, diplomat, konsuler, atau lembaga-lembaga organisasi internasional regional.

Hal yang akan dipelajari adalah hukum organisasi internasional, hukum perjanjian internasional, hukum udara dan ruang angkasa, studi kasus hukum internasional dan hukum laut internasional.

7. Tata Negara

Hukum tata negara berfokus pada aturan kenegaraan yang beraspek statis atau pokok dari aturan sendiri. Kalian akan mempelajari tentang lembaga kenegaraan, konstitusi, hingga pembuatan undang-undang.

Ada beberapa mata kuliah seperti hukum acara mahkamah konstitusi, hukum kewarganegaraan dan keimigrasian, kapita selekta hukum tata negara, hukum konstitusi dan perbandingan hukum tata negara.

8. Hukum Administrasi Negara

Hukum administrasi negara mempelajari tentang aspek dinamis dan merakyat dalam aturan kenegaraan seperti pembangunan dan aparatur negara.

Ada beberapa mata kuliah seperti hukum administrasi negara di daerah, hukum perizinan, hukum keuangan negara, hukum perencanaan dan pengawasan pembangunan, serta hukum kepegawaian.

Nah itulah 8 peminatan hukum dalam jurusan ilmu hukum. Detikers tertarik mengambil yang mana nih?



Simak Video "Pemerintah Akomodasi 14 Isu Krusial RKUHP, Segera Diparipurnakan"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia