12 Kampus Terkaya di Indonesia, UI Punya Aset Tanah hingga Rp 40 T!

Anatasia Anjani - detikEdu
Sabtu, 19 Feb 2022 19:00 WIB
Bendera Merah Putih Raksasa di Gedung Rektorat UI
Universitas Indonesia (UI), salah satu PTNBH yang memiliki nilai aset tanah tertinggi di Indonesia. (dok. Universitas Indonesia)
Jakarta -

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membagikan laporan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) yang memiliki jumlah Barang Milik Negara (BMN) terbesar tahun 2022. Dalam laporannya, di antara 16 PTNBH, baru ada 12 PTN yang sudah ditetapkan nilai kekayaannya.

"Terdapat 4 PTNBH lainnya yang masih dalam proses penetapan nilai kekayaan awal. Di antaranya adalah Universitas Andalas, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Padang dan Universitas Negeri Malang," kata Direktur Barang Milik Negara Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu, Encep Sudarwan dalam Bincang Bareng Media secara virtual, Jumat (28/1/2022).

Encep kemudian menjelaskan, BMN yang dimaksud tersebut berupa aset tanah dari masing-masing perguruan tinggi. Menurut laporannya, Universitas Indonesia (UI) menduduki posisi tertinggi dengan nilai aset tanah mencapai Rp 40,49 triliun.

Di samping aset BMN, tiap PTNBH juga memiliki kekayaan awal berupa aset non tanah. Penggunaan kedua aset ini, kata Encep, dikelola dengan mekanisme masing-masing sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Statuta PTNBH dan PP Nomor 26 tahun 2015, sebagaimana yang dilansir dari laman DJKN Kemenkeu, Sabtu (19/2/2022).

"Tanah pada PTNBH ditatausahakan dalam daftar BMN pada Kemendikbudristek dan ditetapkan status penggunaannya pada Kemendikbudristek. Kemudian, pengelolaan kekayaan awal PTNBH dan tambahan lainnya diserahkan kepada rektorat tiap PTNBH," terang Encep.

Selain UI, berikut daftar PTNBH dengan nilai aset tanah tertinggi yang dirilis oleh DKJN Kemenkeu melalui akun media sosial resminya. Ada kampus apa saja ya?

Daftar 12 PTNBH dengan Aset Tanah Terbesar

1. Universitas Indonesia (UI)

Aset: Rp 40,49 Triliun

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Aset: Rp 30,02 Triliun

3. Universitas Diponegoro (Undip)

Aset: Rp 12,46 Triliun

4. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Aset: Rp 11,81 Triliun

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Aset: Rp 10,86 Triliun

6. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Aset: Rp 10,42 Triliun

7. Universitas Airlangga (Unair)

Aset: Rp 9,39 Triliun

8. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Aset: Rp 8,98 Triliun

9. Universitas Padjajaran (Unpad)

Aset: Rp 8,47 Triliun

10. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Aset: Rp 8,02 Triliun

11. Universitas Sumatera Utara (USU)

Aset: Rp 6,02 Triliun

12. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Aset: Rp 4,37 Triliun

Fungsi Aset Tanah Milik PTNBH

Encep menjelaskan, tanah itu akan dipakai untuk kepentingan pelaksanaan tugas dan fungsi statuta PTNBH. Selain itu, pemanfaatan tanah tunduk juga ada dalam pengelolaan BMN.

Dalam mendukung tupoksi, PTNBH juga dapat memanfaatkan tanah yang masih merupakan BMN dan hasilnya akan dapat digunakan sebagai penghasilan PTNBH. Dengan catata, pemanfaatan tanah yang telah menjadi BMN tersebut, baru dapat dilakukan setelah mendapatkan persetujuan dari Menteri Keuangan dan kemudian dilaporkan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek).

"Untuk tanah yang merupakan BMN tidak dapat dipindahtangankan atau dijaminkan kepada pihak lain. Sedangkan tanah yang diperoleh dari hasil kegiatan PTNBH merupakan kekayaan PTNBH dan dapat dialihkan kepada pihak lain setelah mendapatkan persetujuan Majelis Wali Amanat (MWA)," jelas Encep.

Itulah PTNBH dengan aset tertinggi di Indonesia. Ada kampusmu, detikers?



Simak Video "Massa Buruh Singgung Program Kampus Merdeka: Perbudakan Modern!"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/rah)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia