Dies Natalis UI ke-72, Ini 5 Tokoh Terkemuka Lulusannya

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 03 Feb 2022 09:00 WIB
Poster
Menteri Keuangan Sri Mulyani merupakan salah satu tokoh publik berpengaruh yang juga alumnus UI (Foto: Edi Wahyono)
Jakarta -

Universitas Indonesia (UI) yang merayakan dies natalis ke-72 , Rabu (02/02/2022) telah melahirkan banyak tokoh di Indonesia, mulai dari penulis hingga pejabat pemerintah.

Dalam sejarahnya, kampus ini bermula dari sekolah tinggi ilmu kesehatan di tahun 1849. Kemudian, cikal bakal UI tersebut berkembang hingga yang kita ketahui saat ini.

Lantas, siapa saja tokoh publik terkemuka didikan perguruan tinggi terbaik ke-24 versi UniRank tersebut? Ini dia beberapa di antaranya.

5 Tokoh Terkemuka Lulusan UI

1. Kepala Staf Presiden Moeldoko

Saat ini merupakan periode kedua Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dikutip dari laman Fakultas Ilmu Administrasi UI, pria kelahiran Kediri 1957 itu menempuh pendidikan militer di Akademi Angkatan Bersenjata RI (AKABRI).

Moeldoko lulus dari AKABRI dengan predikat terbaik dan sematan Bintang Adhi Makayasa. Studi doktoralnya di Program Pascasarjana Ilmu Administrasi UI tuntas di tahun 2014 dengan predikat sangat memuaskan.

2. Menteri Keuangan Sri Mulyani

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mendapat gelar Sarjana Ekonomi dari UI pada tahun 1986. Demikian disebutkan dalam laman Kemenkeu.

Setelah lulus dari sana, Sri Mulyani menempuh studi di University of Illinois at Urbana Champaign, Amerika Serikat. Dari kampus ini, dia meraih gelar Master of Science of Policy Economics. Selanjutnya, Sri Mulyani kembali memperoleh gelar lebih tinggi sebagai Ph.D in Economics pada tahun 1992.

3. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo lahir di Karanganyar, Jawa Tengah tahun 1968 dan menempuh jenjang SD dan SMP di Kutoarjo. Kemudian, jenjang SMA dilanjutkannya di SMA BOPKRII Yogyakarta. Demikian dikatakan dalam laman Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Lepas lulus SMA, Ganjar melanjutkan pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Dirinya baru menjadi mahasiswa Universitas Indonesia saat menempuh studi Pascasarjana Ilmu Politik.

4. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa

Mengutip dari laman Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Khofifah Indar Parawansa lahir di Surabaya, 19 Mei 1965. Dirinya menjadi mahasiswa UI saat menempuh gelar magister di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Khofifah merupakan Menteri Sosial dalam Kabinet Kerja periode 2014-2019.

5. Ketua DPR RI Puan Maharani

Ketua DPR RI Puan Maharani juga merupakan alumnus Universitas Indonesia. Dirinya dulu menempuh pendidikan jurusan Ilmu Komunikasi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun detikcom, Puan sempat magang di majalah Forum Keadilan sebagai seorang jurnalis. Dirinya mulai terjun ke dunia politik sejak tahun 2006.



Simak Video "Kata Elite PDIP soal Keakraban Jokowi, Puan dan Ganjar"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia