7 Jurusan Kuliah Saintek dengan Jam Santai Terbanyak, Kamu Pilih yang Mana?

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 28 Jan 2022 13:00 WIB
Shot of two young women using a laptop together in a college library
Jurusan kuliah saintek dengan waktu saintek terbanyak. (Getty Images/PeopleImages)
Jakarta -

Jurusan sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM) atau rumpun jurusan saintek kian populer secara global. Kendati demikian, riset Pew Research Center pada 2018 mendapati 52 persen orang menilai jurusan ini dianggap terlalu sulit untuk calon mahasiswa.

Kendati demikian, studi dari Indiana University (IU) pada 2018 mendapati bahwa rumpun jurusan STEM tidak hanya menjanjikan potensi karier dan gaji yang menaril, tetapi juga lebih rendah stres. Dilansir dari CNBC, studi juga mendapati mahasiswa STEM melalui masa perkuliahan yang lebih menyenangkan dan santai di kampus.

Survei National Survey of Student Engagement IU 2018 mendapati, mahasiswa jurusan software engineering, ilmu komputer, dan astronomi menjalani kuliah yang paling rendah stres. Mahasiswa jurusan ini juga tercatat sebagai yang paling banyak waktu santai dan waktu sosialisasi, termasuk nongkrong dengan teman, bermain game, dan online.

Kendati memiliki reputasi sebagai jurusan-jurusan dengan perkuliahan padat dan berdurasi panjang, jurusan STEM rupanya tercatat sebagai rumpun jurusan dengan paling banyak waktu luang.

Kebiasaan mahasiswa jurusan STEM merasa santai juga diperkirakan muncul karena kecenderungan mereka untuk berpotensi besar bekerja dengan gaji memadai setelah lulus. Dilihat dari berbagai bidang dan rumpun jurusan, jurusan STEM seperti ilmu komputer dna software engineering kerap masuk dalam daftar jurusan dengan prospek karier dan gaji tinggi.

Di samping itu, praktik dengan komputer bagi mahasiswa jurusan software engineering dan ilmu komputer juga dianggap sebagai waktu yang santai. Perkiraan ini dihitung dengan membandingkan praktik jurusan soshum dan saintek lain, seperti praktik mengajar, kerja sosial, keperawatan, volunteering, laboratorium.

Rupanya, sejumlah jenis kuliah praktik di rumpun jurusan selain STEM secara sadar tidak terhitung sebagai waktu santai atau waktu luang bagi mahasiswa. Berikut jurusan dengan waktu santai terbanyak.

7 Jurusan dengan Waktu Santai Terbanyak

  • 1. Software Engineering
    Waktu santai per minggu: 13.84 jam
  • 2. Ilmu Komputer
    Waktu santai per minggu 13.7 jam
  • 3. Astronomi
    Waktu santai per minggu: 13.08 jam
  • 4. Computer Engineering and Tech
    Waktu santai per minggu: 13.08 jam
  • 5. Zoology
    Waktu santai per minggu: 12.76 jam
  • 6. Materials Engineering
    Waktu santai per minggu: 12.76 jam
  • 7. Fisika
    Waktu santai per minggu: 12.72 jam

Sementara itu jurusan soshum dengan jam santai terbanyak yakni jurusan hubungan masyarakat dan periklanan waktu santai per minggu 12.93 jam, ilmu ekonomi 12.82 jam per minggu, dan pemasaran 12.78 jam per minggu.

Perlu diingat, stres berlebih juga bisa dirasakan ketika kamu kuliah tidak sesuai dengan minat, di lingkungan pertemanan dan perkuliahan yang tidak mendukung, serta potensi pengembangan diri yang terbatas. Jadi, detikers bisa jadi masih merasakan stres, terlepas kuliah di jurusan mana pun.

Di sisi lain, stres dengan kadar yang cukup pada dasarnya baik untuk mendorong seseorang untuk maju dan disiplin. Karena itu, kamu juga perlu mempertimbangkan jurusan kuliah yang sesuai denganmu sehingga bisa merasakan perkuliahan yang seru. Gimana detikers, apakah ada jurusan di atas yang cocok dengan minatmu?



Simak Video "Konsep Multiverse dalam Sudut Pandang Agama"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia