UNESA Akan Gelar PTM Terbatas dan Bertahap, Ini Strateginya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 27 Jan 2022 20:30 WIB
Universitas Negeri Surabaya (Unesa)
Foto: Esti Widiyana
Jakarta -

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berencana melaksanakan perkuliahan tatap muka terbatas dan bertahap (PTMTB) dalam bentuk hybrid atau bauran pada semester genap 2021/2022.


Untuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana agar sesuai ketentuan, Unesa melakukan strategi dengan berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 Kota Surabaya untuk melakukan asesmen pada Rabu, 26 Januari 2022.


Koordinator Tim 3 Asesmen Satgas COVID-19 Kota Surabaya, Anang Kustiawan, mengatakan bahwa asesmen yang dilakukan tim Satgas tersebut dalam rangka mengumpulkan sejumlah data.


Seperti persentasi vaksin yang sudah dilakukan, jumlah karyawan dengan penyakit bawaan, jumlah pegawai yang sedang hamil, serta penghitungan kapasitas ruangan.


"Data yang terkumpul ini, akan menjadi rujukan dalam merumuskan kebijakan," ujarnya dikutip dari laman resmi Unesa, Kamis (27/1/2022).


Unesa Terapkan Standar Kesehatan yang Baik


Anang menjelaskan bahwa Unesa telah menerapkan sejumlah standar kesehatan yang baik, mulai dari ruangan yang langsung terpapar sinar matahari, adanya sirkulasi udara yang bagus dan kesiapan SMCC Unesa yang sudah bagus.


Berdasarkan hasil koordinasi tersebut, Unesa akan menambah sampah medis khusus untuk pembuangan masker setiap gedung, menambah tempat cuci tangan.


"Unesa juga memperbaharui poster peringatan protokol kesehatan di setiap ruangan dan memasang scan barcode Pedulilindungi di setiap gedung yang masing-masing akan dijaga satu hingga dua petugas," terangnya.


Lakukan Kampanye Prokes


Selama ini, Unesa telah melakukan sejumlah kampanye dan penerapan 5M MIO sebagai gerakan bersama untuk menjaga seluruh civitas dalam keadaan sehat, di antaranya:


1. Memakai masker

2. Mencuci tangan

3. Menjaga jarak

4. Menjauhi kerumunan

5. Memanjatkan doa kepada Tuhan YME

6. Makanan berkualitas

7. Istirahat cukup dan olahraga teratur


Terkait PTMTB di Unesa sendiri, sebelumnya telah dilakukan pada semester Gasal 2021/2022. PTMTB tersebut diselenggarakan oleh prodi di bawah koordinasi jurusan dan fakultas serta diadakan dalam bentuk hybrid atau dipadukan dengan pembelajaran daring.



Simak Video "PTM Sekolah dan Kurikulum di Ciamis Dilaksanakan 100 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia