9 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Selalu Dibutuhkan di Dunia Kerja

Trisna Wulandari - detikEdu
Senin, 24 Jan 2022 19:15 WIB
Ilustrasi Jurusan Pariwisata
Jurusan kuliah yang selalu dicari di dunia kerja. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Seleksi masuk perguruan tinggi kini menyediakan 2-4 slot jurusan yang bisa dipilih untuk kuliah. Namun tidak jarang, calon mahasiswa belum yakin dengan calon jurusan yang akan diisi saat mendaftar seleksi.

Jika masih menimbang-nimbang jurusan kuliah yang akan dipilih, kamu bisa mengecek sejumlah jurusan dengan mahasiswa yang selalu diincar perusahaan setelah lulus. Berikut sejumlah jurusan yang lulusannya selalu dibutuhkan di dunia kerja.

Jurusan Kuliah yang Lulusannya Selalu Dibutuhkan

1. Akuntansi dan Keuangan

Lulusan jurusan akuntansi pada dasarnya dibutuhkan di setiap perusahaan. Di samping itu, peluang karier yang terbuka di antaranya auditor internal, akuntan publik, analis keuangan, hingga manajer perpajakan, seperti dikutip dari Top Universities.


2. Matematika dan Aktuaria

Lulusan matematika dan akturaria umumnya dicari karena kecakapan matematika, statistika, dan teori ekonomi untuk mengendalikan masalah bisnis perusahaan, termasuk analisis risiko, dampak finansial, audit, dan statistik.

3. Ekonomi

Lulusan jurusan ekonomi punya peluang karier luas karena di samping kecakapan dan kompetensinya, bidang ilmu ini juga berhubungan dengan perdagangan, produksi, kebiasaan di masyarakat, hukum, pemerintahan, dan politik internasional. Beberapa jalur karier lulusan jurusan ekonomi di antaranya yakni analis keuangan, ahli ekonomi, hingga konsultan politik.

4. Arsitektur

Kendati lulusan jurusan arsitektur umumnya dipandang akan menjadi arsitek, ada beragam potensi karier terkait yang terbuka. Lulusan arsitektur juga banyak dicari sebagai desainer spasial dan interior, surveyor bangunan, perencana wilayah, desainer set di industri hiburan, hingga peninjau bangunan bersejarah.

5. Hukum

Sejumlah peluang karier terkait hukum selepas lulus di antaranya yakni panitera junior, paralegal, penata arsip hukum, pengacara magang, pemeriksa litigasi, koordinator mediasi, dan konsultan hukum. Ada berbagai bidang yang memerlukan konsultan hukum, mulai dari pendidikan sampai bisnis.

6. Teknik Industri

Lulusan jurusan teknik industri kerap dibutuhkan perusahaan untuk beragam posisi, mulai dari analis sistem, operations engineer, risk advisor, analis program, analis bisnis, analis kontrol proses, industrial engineer, dan pengawas manufaktur. Lulusan jurusan teknik industri juga kerap dicari untuk menjadi management trainee.

7. Kedokteran

Pandemi COVID-19 salah satunya menegaskan kebutuhan akan lulusan jurusan kedokteran untuk mengatasi dan mencegahnya kembali terjadi di masa depan. Karena itu, di samping menjadi dokter dengan beragam opsi spesialisasi, lulusan kedokteran juga dapat menjadi ahli epidemiologi hingga ilmuwan klinis dan genomik. seperti dikutip dari Prospects.


8. Manajemen dan Bisnis

Lulusan manajemen dan bisnis dikenal sebagai salah satu yang dicari di berbagai sektor industri. Kecakapan analisis data dan bisnis salah satunya membuat lulusan jurusan ini kerap dibutuhkan berbagai perusahaan dan firma konsultan.

9. Farmasi

Lulusan jurusan farmasi tidak hanya dicari untuk menjadi apoteker mandiri atau di rumah sakit, namun juga sebagai rekan peneliti klinis, ilmuwan pengembangan produk dan proses di perusahaan, petugas urusan regulasi, ilmuwan ilmu hayati, dan ahli toksikologi.

Gimana detikers, apakah salah satu jurusan di atas termasuk yang kamu minati?



Simak Video "Irma Chaniago Soroti 2500 Dokter yang Tak Lolos Uji Kompetensi"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia