Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Siswa, Ini 5 Cara Mengetahui Minat & Bakat Kamu

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 19 Jan 2022 14:01 WIB
ilustrasi kuliah, ilustrasi jurusan, ilustrasi mata pelajaran populer
Foto: iStockphoto
Jakarta -

Siswa kelas XII sedang galau pilih jurusan kuliah? Agar tidak asal pilih, siswa bisa mengetahui minat dan bakat yang dimiliki sejak di sekolah, loh. Bagaimana caranya?

Dengan memilih jurusan kuliah yang sesuai minat dan bakat tentu akan membuat proses belajar lebih menyenangkan dan semangat. Terlebih jika kamu memiliki cita-cita di masa depan dari minat yang kamu punya.

Dikutip dari laman SMA Dwiwarna Bogor, berikut cara mengetahui minat dan bakat sebelum memilih jurusan kuliah.


5 Cara Mengetahui Minat dan Bakat:


1. Temukan Hal yang Kamu Sukai

Banyak siswa akan menyimpulkan bahwa menemukan hal yang disukai adalah hal yang tidak mudah. Hal ini karena setiap orang menyukai banyak hal dan dilakukan secara bersamaan.

Untuk mengetahuinya, siswa bisa mulai temukan dari hal yang paling disukai dan selalu antusias melakukannya serta menerima segala konsekuensinya. Termasuk akan tetap melakukan hal tersebut jika merasa gagal atau tidak berhasil mencapai yang diinginkan.


2. Mulai Amati Hobi

Kamu juga bisa mengetahui minat dan bakat dengan mengamati hobi yang sering kamu lakukan. Berbeda dengan hal yang paling kamu sukai, biasanya hobi dilakukan untuk mengisi waktu luang.

Namun, mengamati hobi bisa membantu kamu menemukan minat dan bakat. Misalnya kamu memiliki hobi fotografi, ternyata hobi tersebut merupakan bakat terpendam pada diri kamu sebagai seorang fotografer profesional.

Dengan begitu, saat kuliah kamu bisa mengambil jurusan kuliah yang berhubungan dengan fotografi atau semacamnya untuk mendalami bakat itu.


3. Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler

Selanjutnya, cara lain yang bisa digunakan untuk mengetahui minat bakat adalah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

Biasanya setiap sekolah memiliki ekstrakurikuler, seperti ekstra tari, pramuka, PMR, jurnalistik dan sebagainya. Kegiatan ekstrakurikuler tersebut bisa dijadikan wadah untuk mengembangkan bakat minat.

Hal itu bisa dimulai dengan mengikuti ekstrakurikuler sesuai dengan apa yang disukai sehingga bakat dan potensi diri bisa berkembang.

Selain itu, manfaat lain dari kegiatan ekstrakurikuler adalah memupuk rasa tanggung jawab pribadi dan juga sosial serta memberikan bekal untuk mempersiapkan jenjang di perkuliahan.


4. Mencari Poin Plus Dalam Diri Kamu

Banyak orang tidak memiliki rasa percaya diri sehingga kesulitan menilai diri sendiri dan mencari kemampuan yang dimiliki. Padahal menilai diri sendiri adalah hal penting.

Ketika kamu memiliki rasa percaya diri yang tinggi itu bisa jadi merupakan salah satu poin plus yang kamu miliki. Hal ini karena tidak semua orang bisa memiliki rasa percaya diri tinggi.

Mengetahui kelebihan yang dimiliki akan memudahkan kamu dalam mengetahui minat bakat dan potensi diri sendiri.


5. Mencari Pengalaman

Banyak orang tidak menyadari apakah aktivitas yang dilakukan merupakan salah satu bakat yang dimiliki atau bukan. Apalagi jika kegiatan sangatlah banyak dan ada di berbagai bidang, tentu tidak mudah mengetahui apa yang disukai.

Alasan inilah yang kemudian mengharuskan kamu untuk mencari pengalaman sebanyak-banyaknya. Tujuannya tidak lain supaya kamu merasakan pengalaman baru dan juga hal baru yang cukup menyenangkan.

Dengan banyak pengalaman baru yang didapatkan, bisa saja kamu menemukan bakat yang terpendam. Selain itu, pengalaman saat sekolah juga bisa menjadi bekal untuk melanjutkan kuliah.



Simak Video "Sekolah di Purwakarta Disegel Pemilik Tanah, KBM Tetap Berjalan"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia