Kampus Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia Versi QS WUR by Subject 2021

Trisna Wulandari - detikEdu
Rabu, 12 Jan 2022 16:00 WIB
pinjam online
Kampus dengan jurusan akuntansi terbaik di Indonesia. Foto: (Fauzan Kamil/Infografis detikcom)
Jakarta -

Kampus dengan jurusan akuntansi terbaik di Indonesia menerima banyak pendaftar dari berbagai jalur penerimaan setiap tahun, termasuk SNMPTN 2022 dan UTBK SBMPTN. Tidak heran, prodi akuntansi umumnya menjadi salah satu jurusan dengan keketatan tertinggi di perguruan tinggi.

Siswa yang berminat kuliah di jurusan akuntansi bisa menggunakan pemeringkatan QS World University Rankings (WUR) by Subject 2021 sebagai referensi. Pemeringkatan universitas tingkat internasional ini menggunakan kategori subject Accounting & Finance untuk merunut peringkat universitas dengan akuntansi terbaik di Indonesia.

QS WUR by Subject 2021 kategori Accounting & Finance dirunut berdasarkan indikator reputasi akademik, reputasi employer, sitasi riset per karya ilmiah, dan indeks-H. Indikator reputasi akademik dan reputasi employer menguji reputasi kampus di tingkat internasional dalam bidang akuntansi dan keuangan. Sementara itu indikator sitasi dan indeks-H mengambil data sitasi Scopus Elsevier untuk mengukur dampak riset kampus pada masyarakat di bidang akuntansi dan keuangan.

Berikut daftar universitas dengan jurusan akuntansi terbaik di Indonesia versi QS WUR by Subject 2021 kategori subject Accounting & Finance.

Kampus dengan Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia

1. Universitas Gadjah Mada

Jurusan Akuntansi Universitas Gadjah Mada (UGM) mencakup pembelajaran sistem informasi akuntansi dan teknologi, pengauditan, akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi publik, big data, dan digital analytics. UGM menempati peringkat 201-250 universitas terbaik dunia dengan kategori jurusan Akuntansi dan Keuangan QS WUR by Subject 2021.

Mahasiswa S1 jurusan Akuntansi UGM (detik.com/tag/ugm) juga bisa mengambil mata kuliah pilihan seperti Forensic Accounting and Fraud Investigation, International Taxation, Akuntansi Syariah, Ekonomika Internasional, Manajemen Stratejik, dan Bisnis Internasional. Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM juga memiliki program profesi akuntan, magister, dan doktor.

2. Universitas Indonesia

UI menempati peringkat 201-250 universitas terbaik dunia dengan kategori jurusan Akuntansi dan Keuangan QS WUR by Subject 2021. Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI menyediakan jurusan akuntansi di program S1 Akuntansi, Ekstensi Akuntansi, dan Kelas Khusus Internasional.

Mahasiswa jurusan Akuntansi UI (detik.com/tag/ui) bisa memilih untuk mengerjakan skripsi, magang tugas akhir, atau studi mandiri plus mata kuliah pilihan bebas. FEB UI juga menyediakan program Magister Akuntansi, Magister Sains Akuntansi, Doktor Ilmu Akuntansi, dan program profesi Chartered Accountant (CA).

Jurusan akuntansi terbaik di Indonesia ini bisa ditempuh dengan berbagai jalur, mulai dari SNMPTN 2022, UTBK-SBMPTN, hingga seleksi mandiri masing-masing kampus. Gimana detikers, mau masuk jurusan akuntansi di universitas terbaik di atas?



Simak Video "Jelang Demo, Lalin di Kawasan Patung Kuda Masih Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia