12 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi, Gambaran Gaji, dan Kampus Terbaik

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 12 Jan 2022 12:01 WIB
Cara daftar Kampus Mengajar menjadi informasi yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa perguruan tinggi.
Foto: iStock
Jakarta -

Jurusan ilmu komunikasi adalah induk dari beberapa cabang ilmu lainnya, misalnya public relation, advertising, jurnalistik, performing arts communication, dan banyak lagi. Bagi detikers yang ingin mendaftarkan diri ke jurusan ini pada SNMPTN maupun SBMPTN 2022, tentunya nanti ada banyak hal yang dapat dipelajari saat sudah menjadi mahasiswa.

Ketika sudah kuliah nanti, kalian juga nantinya akan diarahkan untuk mengambil salah satu cabang ilmu yang kalian kehendaki. Lantaran ilmu komunikasi adalah bidang yang sangat luas, kepeminatan tersebut juga membantu mahasiswa lebih fokus.

Pada tahun pertama perkuliahan, detikers akan mempelajari mata kuliah yang sifatnya umum, seperti psikologi komunikasi, sosiologi komunikasi, komunikasi massa, juga pengantar ilmu komunikasi. Sewaktu menginjak tahun kedua, kalian baru bisa memilih kepeminatan. Setiap perguruan tinggi juga pastinya punya program masing-masing terkait dengan konsentrasi atau kepeminatan ini.

Lantas, seperti apa prospek kerja untuk jurusan ilmu komunikasi? Berikut ini beberapa contohnya, merangkum arsip detikcom dan CNN Indonesia.

12 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

1. Content creator

2. Public relation officer

3. Customer service officer

4. Pengamat media

5. Jurnalis

6. Tim marketing communication

7. Social media officer

8. Social media strategist

9. Staf production house

10. Tim radio/televisi

11. Copywriter

12. Content writer

Menurut Indeed, seperti dinukil dari CNN Indonesia, ada beberapa gambaran gaji untuk profesi bidang ilmu komunikasi. Misalnya, untuk staf hubungan masyarakat atau public relation, gajinya rata-rata adalah Rp 73,38 juta per tahun. Kemudian, untuk pekerjaan dalam bidang marketing communication, rata-rata gaji per tahunnya adalah Rp 83,59 juta.

Jika kalian ingin menjadi seorang copywriter, gambaran rata-rata gaji per tahunnya adalah Rp 50,66 juta. Pada profesi jurnalis, rata-rata gaji per tahunnya adalah Rp 61,54 juta. Sedangkan untuk seorang social media specialist, gaji rata-rata tahunannya adalah Rp 71,47 juta.

Jika kalian ingin menggeluti bidang ini, tentunya perlu untuk mengetahui perguruan tinggi mana saja yang punya jurusan ilmu komunikasi terbaik di Indonesia. Berdasarkan THE World University Rankings 2022, inilah deretan universitas di Indonesia tersebut.

7 Universitas Terbaik dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik di RI

1. Universitas Indonesia

2. Universitas Airlangga

3. BINUS University

4. Universitas Brawijaya

5. Universitas Diponegoro

6. Universitas Gadjah Mada

7. Universitas Padjadjaran.

Apabila kalian ingin studi ke luar negeri, maka kampus dengan jurusan ilmu komunikasi terbaik adalah University of Oxford, Massachusetts Institute of technology (MIT), Stanford University, Harvard University, dan University of California, Berkeley.

Disebutkan oleh CNN Indonesia, program studi (prodi) ilmu komunikasi juga terdapat di perguruan tinggi keagamaan Islam, misalnya Universitas Negeri Islam Bandung. Berbagai perguruan tinggi swasta juga menghadirkan prodi ini, contohnya . Telkom University, Universitas Pancasila, dan lain sebagainya.

Kebanyakan kampus menyediakan jurusan ilmu komunikasi sebagai bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP). Akan tetapi, ada juga yang menjadikannya sebagai fakultas tersendiri, contohnya Universitas Padjadjaran dan Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta.



Simak Video "5 Pekerjaan Teknologi yang Menjanjikan di Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia