9 Prospek Karier Jurusan Psikologi yang Paling Banyak Dibutuhkan

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 20 Des 2021 13:15 WIB
counsellor advising high school student
Foto: Getty Images/sturti
Jakarta -

Jurusan psikologi adalah salah satu yang paling diminati oleh para mahasiswa pada tahun 2021. Demikian dikatakan dalam MyDegreeGuide.com.

Jurusan ini punya banyak peminat karena prospek kariernya yang menjanjikan dan kesadaran masyarakat akan kesehatan mental juga menjadikan psikolog semakin dibutuhkan. Selama masa pendidikan, para mahasiswanya juga bisa memilih area spesialisasi yang ingin ditekuni.

Mengutip dari QS Top Universities, sejumlah area tersebut adalah psikologi kesehatan, klinis, pendidikan, profesional, penelitian, konseling, syaraf, olahraga, dan forensik. Masih dari situs yang sama, ada banyak prospek kerja jurusan psikologi bagi kalian yang ingin terjun ke bidang tersebut. Apa saja ya?

9 Prospek Karier Jurusan Psikologi

  • 1. Psikolog
  • 2. Psikoterapis
  • 3. Pekerja sosial
  • 4. Konselor
  • 5. Psikolog pendidikan
  • 6. Manajer HRD
  • 7. Pendidik
  • 8. Peneliti
  • 9. Pekerja media

Perlu dicatat, meski ada banyak prospek karier dalam jurusan psikologi, sejumlah posisi yang lebih spesifik juga bisa membutuhkan jenjang studi lebih tinggi. Sementara, untuk posisi-posisi yang tidak membutuhkan jenjang studi lanjutan, biasanya ada pelatihan yang gunanya untuk memastikan bahwa seorang lulusan jurusan psikologi tetap berkembang.

Sembilan prospek karier di atas pun dapat dikelompokkan berdasarkan sejumlah kategori utama. Misalnya, psikolog, psikoterapis, konselor, dan pekerja sosial dikategorikan dalam bidang pelayanan kesehatan dan terapi. Kemudian, lulusan psikologi yang bekerja di bidang media dan periklanan, HRD, dan bisnis serta manajemen tergolong dalam karier bidang psikologi yang tidak terlalu umum.

Kendati tidak terlalu umum, pekerjaan yang bisa didapat seorang lulusan psikologi dalam bidang media cukup beragam, contohnya posisi departemen produksi, manajemen, penulis naskah, ataupun penjadwalan. Lulusan psikologi bisa berperan penting dalam industri ini karena mampu memahami kebiasaan manusia, dapat menawarkan analisis masalah, serta merespons dengan alasan dan empati.

Selain seluruh prospek karier di atas, jurusan psikologi juga dapat memberikan landasan yang bagus untuk pekerjaan di bidang administrasi pemerintah, riset pasar, sektor hukum, finansial, dan informasi teknologi (IT).

Nah, bagaimana detikers, tertarik menekuni jurusan psikologi?



Simak Video "Mahasiswa Geruduk DPR RI Protes Harga Sembako-Gaji Guru"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia