10 Kampus Paling Ramah Lingkungan di Surabaya, Ada Almamatermu?

Kristina - detikEdu
Kamis, 16 Des 2021 13:45 WIB
Universitas Airlangga (Unair) tidak bertanggung jawab atas klaim dua penelitinya yang menyebutkan suplemen temuan mereka bisa membantu tubuh melawan virus coorona. Seperti yang disampaikan Warek 4 Bidang Bisnis dan Alumni Unair, Prof Junaidi Khotib, S.Si., M.Kes., Ph.D., Apt.
Universitas Airlangga, salah satu kampus ramah lingkungan di Kota Surabaya. Foto: Esti Widiyana
Jakarta -

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memberikan penghargaan kepada 10 kampus ramah lingkungan di Kota Surabaya, Rabu (15/12/2021). Penghargaan ini diberikan dalam program Eco Campus tahun 2021.

Program Eco Campus merupakan program yang digelar oleh Pemkot Surabaya sejak 2011 lalu. Program ini diikuti oleh berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di wilayah Surabaya dalam rangka menjaga lingkungan di Kota Pahlawan.

Adapun, indikator penilaian dalam program ini meliputi kebijakan kampus terkait lingkungan hidup, mata kuliah dan kegiatan pengabdian masyarakat terkait lingkungan hidup, partisipasi kegiatan lingkungan hidup, pengelolaan sarana dan prasarana lingkungan hidup, dan inovasi terkait lingkungan hidup.

Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji, mengungkapkan bahwa institusi atau kampus berperan signifikan dalam penataan dan manajemen lingkungan di Kota Surabaya. Pihaknya turut menyampaikan terima kasih kepada kampus yang telah berpartisipasi dalam program Eco Campus.

"Kalau lingkungan ini tidak kita tata secara bersama-sama dan tidak melibatkan orang-orang kampus, maka kita tidak bisa memastikan bagaimana lingkungan ini berubah ke depannya, apalagi ini musim pancaroba yang cuacanya tidak pasti," kata Armuji, dilansir dari situs Pemkot Surabaya, Kamis (16/12/2021).

Menurut Armuji, menjaga lingkungan merupakan tugas bersama bagi seluruh lapisan masyarakat. "Tentunya, hal semacam ini harus kita lestarikan dan bahkan harus kita tingkatkan untuk menjadi lebih baik lagi ke depannya," tegasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Suharto Wardoyo, mengatakan bahwa program Eco Campus adalah perwujudan sebuah kampus yang ramah lingkungan dan merupakan tindakan yang nyata untuk menjawab berbagai permasalahan lingkungan hidup yang terjadi di lingkungan kampus.

"Surabaya sudah menggelar program ini sejak tahun 2011. Tujuan program ini adalah agar civitas akademika mempunyai kesepahaman yang sama dengan Pemkot Surabaya mengenai kepedulian terhadap lingkungan hidup. Selain itu, civitas akademika bersedia bersama-sama melaksanakan penataan lingkungan dan kepeduliannya, tidak hanya lingkungan kampus tapi juga lingkungan sekitar," tegasnya.

Kampus Ramah Lingkungan di Surabaya

Berikut 10 kampus ramah lingkungan di Surabaya versi Pemkot Surabaya tahun 2021:

1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga

2. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga

3. Universitas 17 Agustus 1945

4. Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut

5. Departemen Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

6. Universitas Narotama

7. Universitas Dinamika (Stikom)

8. Universitas Wijaya Kusuma

9. Universitas Hayam Wuruk Perbanas

10. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

3 Kampus Terbaik

Dari 10 kampus tersebut kemudian dilakukan verifikasi administrasi dan lapangan. Sehingga, diperoleh 3 kampus terbaik dengan urutan sebagai berikut:

1. Universitas Dinamika (Stikom)

2. Universitas Wijaya Kusuma

3. Universitas 17 Agustus 1945



Simak Video "Sudahkah Kamu Jalani Hidup yang Zero Waste?"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia