Siapkan Anggaran 50 M, UNS Akan Buka Kampus di Jakarta

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 07 Des 2021 12:00 WIB
UNS
Foto: UNS
Jakarta -

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan membuka kampus di Jakarta. Pembukaan kampus di Jakarta tersebut bertujuan untuk memperluas jaringan kampus cabangnya di sejumlah daerah di Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis, dan Informasi UNS, Sajidan menyatakan untuk merealisasikan rencana pembukaan kampus tersebut, UNS menyiapkan anggaran sebesar Rp 50 miliar sambil mencari lokasi yang cocok untuk kampus.

Sajidan mengatakan anggaran 50 miliar memang sudah disiapkan dan masuk dalam Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) 2022 dan telah disetujui Majelis Wali Amanat (MWA) UNS.

"Rencana pembukaan kampus cabang Jakarta adalah bentuk kerja sama UNS dengan stakeholder yang ada di Jakarta, termasuk juga alumni yang ada di sana dan sekitarnya yang perlu akses pendidikan," ujar Sajidan dalam keterangan tertulis, Selasa (7/12/2021).

Sebelumnya UNS sendiri sudah membuka Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) untuk Sekolah Vokasi UNS di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

"Mohon doanya UNS akan mencari kampus di Jakarta tahun 2022 mendatang," ujar Rektor UNS Jamal Wiwoho yang dikutip dari laman UNS, Selasa (7/12/2021).

Rektor UNS tersebut menerangkan, pembukaan kampus baru UNS di Jakarta bertujuan untuk memfasilitasi alumni UNS di Jakarta yang ingin meneruskan studi lanjut pada jenjang S-2 dan S-3.

Tak hanya untuk alumni, kampus baru di UNS juga akan terbuka bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya yang ingin melanjutkan studi ke UNS tanpa harus tinggal di kota Surakarta.

Selain itu, kampus baru di Jakarta juga akan digunakan sebagai Kantor Perwakilan UNS. Kantor Perwakilan UNS tersebut bertujuan untuk memfasilitasi kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

"Di luar itu kami juga menawarkan suatu program kerja sama dengan PPATK yang akan segera ditandatangani, BPK, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kejaksaan Agung, dan juga stakeholder IKA UNS di Jakarta dan sekitarnya," ujar Sajidan.

Nantinya, kampus di Jakarta hanya akan membuka dua program studi (prodi) yaitu S-3 Ilmu Hukum dan S-3 Program Doktor Ilmu Ekonomi.

Prodi tersebut dipilih UNS karena memiliki banyak peminat dan kesiapannya telah matang.

"Untuk lokasinya memang belum bisa saya sampaikan. Tapi, target UNS kampus baru di Jakarta akan terealisasi tahun 2022," ujar Sajidan.



Simak Video "Ahli Patologi Klinik UNS Duga Varian Omicron Sudah Masuk Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia