Bermula dari Iseng, Mahasiswa UNS Ini Malah Raih Predikat Juara se-Indonesia

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Sabtu, 30 Okt 2021 17:31 WIB
Mahasiwa UNS Fiska Juara 2 Poster Infografis
Foto: Dok. UNS/Bermula dari Iseng, Mahasiswa UNS Ini Malah Raih Predikat Juara se-Indonesia
Jakarta - Iseng-iseng berhadiah. Ungkapan tersebut menjadi rangkuman kisah dari seorang mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Fiska Amanda Mulia. Pasalnya, keisengannya tersebut membawanya meraih juara 2 lomba poster infografis nasional.

Fiska, begitu dia kerap disapa, adalah seorang mahasiswa tingkat akhir jurusan Pendidikan Sejarah di UNS. Mulanya, ia mengaku saat itu hanya sedang mengisi waktu luang kala menunggu tugas akhirnya direvisi. Namun, takdir sepertinya tengah memihak padanya.

"Alhamdulillah bersyukur sekali karena saya mahasiswa tingkat akhir banget sambil nunggu koreksian skripsi dari dosen. Saya iseng-iseng ikut dan nggak nyangka jadi juara karena kemarin jujur hanya ikut-ikutan," kata Fiska, seperti yang dikutip dari situs UNS, Sabtu (30/10/2021).

Mahasiswa asal Sragen, Jawa Tengah ini mengatakan bahwa prestasi ini merupakan kemenangan keduanya di Institut Teknologi Kalimantan (ITK), sang penyelenggara lomba. Tahun lalu, Fiska berhasil memenangkan perlombaan bisnis plan yang diadakan perguruan tinggi tersebut.

"Kesannya seneng banget karena ini kali kedua saya ikut lomba di ITK dan Alhamdulillah dua kali juga saya dapat juara 2. Tahun 2020 saya juara 2 lomba bisnis plan di ITK dan sekarang juara 2 poster di ITK," tuturnya.

"Padahal saya belum pernah ke Kalimantan sama sekali. Harapannya setelah wisuda nanti saya bisa menginjakkan kaki di Kalimantan," sambung dia lagi.

Lomba poster infografis yang digelar oleh ITK merupakan lomba individual yang diikuti oleh mahasiswa seluruh Indonesia pada Oktober 2021. Untuk tahap awal, Fiska mengirimkan karyanya kepada panitia.

Kemudian, diakui Fiska, tidak disangka karya posternya tersebut lolos ke babak 9 besar. Sembilan poster yang terpilih kembali dipilih untuk tiga terbaik. Hasilnya, poster Fiska berhasil mengantongi pujian dari juri dan predikat juara kedua.

Sebelumnya, Fiska sudah banyak menorehkan prestasinya di bidang UMKM. Seperti, pada tahun 2017, ia mendirikan bisnis kue yang berhasil membawanya menjadi finalis Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Award X yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Bisnis kuenya yang diberi nama Bronislur ini juga sukses meraih juara 1 pada ajang UMKM Competition skala nasional pada 2020 lalu. Untuk itu, meski masih disibukkan dengan tugas akhirnya, mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS ini tetap menyempatkan diri untuk mengelola bisnisnya tersebut.

Wah, keren banget ya, detikers. Yuk raih prestasi seperti Fiska!

Simak Video "Polisi Geledah Markas Menwa UNS Solo, Sita Senjata Replika-Helm"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia