Mengenal Gedung Pantjadarma, Gedung dengan Nilai Historis Tinggi di UGM

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 24 Nov 2021 13:45 WIB
Gedung Pantjadarma UGM
Foto: UGM
Jakarta -

Bagi detikers yang ingin berkuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM), maka kalian harus mengetahui gedung dengan nilai historis tinggi di UGM. Gedung apa itu? Jawabannya adalah Gedung Pantjadarma. Selain gedung Pantjadarma, UGM juga memiliki gedung dengan historis tinggi lainnya yaitu Gedung Pusat UGM.

Gedung Pantjadarma ini tidak lain adalah nama kepada lima gedung yang berada di Sekip UGM. Sekarang, Gedung Pantjadarma ini difungsikan sebagai gedung kuliah Sekolah Vokasi (SV) UGM.

Menurut Mantan Kabid Data Base Arsip UGM, Suwarni Darsohardjono, ada setidaknya empat alasan mengapa Gedung Pantjadarma dianggap sebagai gedung dengan nilai historis yang tinggi.

Pertama, Gedung Pantjadarma UGM ini dibangun bersamaan atau satu satu paket dengan pembangunan Gedung Pusat UGM. Hal tersebut berarti Gedung Pantjadarma adalah proyek pembangunan pertama yang dibangun Pemerintahan Republik Indonesia setelah merdeka tahun 1945.

"Gedung itu (Pantjadarma) adalah proyek (pembangunan) pertama yang dibangun bangsa ini. Gedung Pusat dan Gedung Pantjadarma itu satu paket (proyek)," ungkap Suwarni yang dikutip dari laman UGM, Rabu (24/11/2021).

Kedua, karena termasuk sebagai gedung dengan proyek pembangunan pertama tersebut, Gedung Pantjadarma juga ikut menjadi tanda atau titik awal Bangsa Indonesia dalam menyadari pentingnya pendidikan.

Lalu yang ketiga adalah, seperti Gedung Pusat UGM, Gedung Pantjadarma merupakan bangunan pertama yang dibangun tanpa campur tangan dengan pihak asing, atau dibangun oleh insinyur asli Bangsa Indonesia.

Keempat, Gedung Pantjadarma juga menjadi tempat berlangsungnya Konferensi Colombo Plan pada tahun 1959.

Colombo Plan adalah sebuah organisasi yang bertujuan untuk mendukung pembangunan ekonomi dan sosial negara anggota, memajukan kerja sama teknik serta membantu alih teknologi antar negara anggota, memfasilitasi transfer dan berbagi pengalaman pembangunan antar negara anggota sekawasan dengan penekanan pada konsep kerjasama Selatan-Selatan.

Colombo Plan sendiri sudah didirikan sejak tahun 1951 dan Indonesia baru bergabung pada tahun 1953.

Bagaimana apa detikers tertarik mengunjungi Gedung Pantjadarma UGM ?



Simak Video "Dekan Fakultas Peternakan UGM Tewas dalam Kecelakaan di Tol Cipali"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/atj)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia