Tingkatkan Kualitas Pelatih, FKOR UNS Gelar Pelatihan Level 1 BWF

Ari Purnomo - detikEdu
Selasa, 23 Nov 2021 14:45 WIB
Ketum PBSI Jateng Basri Yusuf memberikan materi saat pelatihan pelatih bulutangkis level 1 PBSI
Foto: Ari Purnomo / detikcom
Solo -

Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret (FKOR UNS) menggelar pelatihan pelatih bulutangkis level 1 BWF. Kegiatan yang diadakan selama enam hari mulai Selasa-Minggu (23-28/11/2021) diikuti 29 peserta.


Dekan FKOR UNS Sapta Kunta menjelaskan, kegiatan ini sebagai salah satu upaya dari FKOR untuk meningkatkan kualitas pelatih.


"Target program FKOR memberikan sertifikasi kompetensi sebagai pelatih, sehingga mahasiswa yang lulus punya ijazah sekaligus punya sertifikat kompetensi," terang Kunta kepada wartawan, Selasa (23/11/2021).


Para peserta dalam pelatihan terdiri dari mahasiswa dan juga dosen luar biasa mata kuliah bulu tangkis. Kunta menyampaikan kegiatan ini didukung oleh PBSI Jateng.


"Kriteria pelatih yang ikut adalah peserta yang sudah punya murid. Meski sudah terampil melatih, tetapi jika tidak ada ilmu yang ditransferkan ke anak didik akan kurang tepat," ungkapnya.


Para mentor yang akan melatih para pelatih bulutangkis level 1 BWF diantaranya Ketum PBSI Provinsi Jateng Basri Yusuf, Prof FX Sugiyanto, Eni dan juga Ibnu.


Pada kesempatan yang sama, Ketum PBSI Provinsi Jateng Basri yusuf mengatakan, kegiatan ini untuk mempercepat kepelatihan.


"Peserta yang lulus akan mendapatkan sertifikat dari Pemprov Jateng dan BWF. Hasil latihan ini akan dilaporkan baik secara praktikal, teori, juga akan laporkan ke pusat dan akan dilanjutkan ke badminton asia lanjut ke BWF. Sertifikat BWF akan kirim ke email peserta," tuturnya.


Basri berharap dengan adanya pelatihan ini bisa mengajarkan anak didiknya materi yang sesuai dengan usianya.


"Khawatir kalau tidak ada kepelatihan bisa fatal akibatnya, karena mereka kebanyakan pelatih adalah mantan atlet sedang mantan atlet punya filosofi pelatihan yang diterimanya," urainya.

Dikhawatirkan yang terjadi program orang dewasa namun ditetapkan ke anak-anak. Hal ini bisa fatal karena dapat mencederai anak-anak ketika latihan bulutangkis.



Simak Video "HUT RI, Ganjar Bentangkan Merah Putih Sepanjang 22 Meter Bareng Buruh"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia