Update Daftar Kampus Siap Kuliah Tatap Muka, Bagaimana ITB, UGM, UI, UNS?

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 21 Sep 2021 12:00 WIB
Rektor UNS Jamal Wiwono mengisi kuliah tatap muka perdana
Foto: Bayu Ardi/Update Daftar Kampus Siap Kuliah Tatap Muka, Bagaimana ITB, UGM, UI, UNS?
Jakarta -

Sejumlah universitas telah bersiap kuliah tatap muka, bahkan ada yang sudah melakukan secara hybrid. Terlebih, kini seluruh wilayah Jawa dan Bali tidak ada yang termasuk dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

Informasi terbaru bahwa semua kawasan Jawa-Bali berada di level 2 dan 3 disampaikan oleh Menko Kemaritiman dan Investasi (Menko) Luhut Binsar Pandjaitan saat konferensi pers virtual, Senin (20/9/2021). Menurut Luhut tidak ada lagi kabupaten/kota yang berada di level 4 di Jawa Bali, artinya semua ada di level dua dan tiga.

Dirinya juga menyampaikan arahan Presiden Jokowi mengenai update level PPKM yang diubah menjadi per 2 minggu. Namun, evaluasi tetap dilaksanakan tiap pekan untuk mengetahui efektivitas pengendalian pandemi.

Lantas, mana saja universitas yang kini siap melakukan kuliah tatap muka? Simak daftarnya!

Daftar kampus siap kuliah tatap muka

1. Unesa

Universitas Surabaya (Unesa) merupakan tuan rumah focus group discussion (FGD) yang membahas persiapan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Acara ini diikuti Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti Ristek) dan belasan pimpinan perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia pada Minggu (19/09/2021).

Sebagian besar pimpinan PTN mengatakan siap kuliah tatap muka dalam waktu dekat dan sebagian justru sudah melakukannya sejak Senin, 20 September 2021.

Di Unesa sendiri, pembelajaran tatap muka terbatas dan bertahap (PTMTB) turut dimulai pada 20 September 2021. "PTMTB di Unesa dimulai pada Senin, 20 September 2021. PTMTB diselenggarakan oleh Prodi di bawah koordinasi jurusan dan fakultas," terang Rektor Unesa, Nurhasan.

Di Unesa, PTMTB dilakukan secara hybrid, yakni perpaduan daring dan luring. Ketentuan mengenai jadwal kuliah, kapasitas mahasiswa, penentuan mahasiswa, dosen pengajar, dan tenaga kependidikan yang bertugas, diserahkan pada tiap program studi.

2. UNJ

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melakukan kuliah tatap muka pada semester ini di bulan Agustus-Desember. Meski begitu, Tim Pengembang Wakil Rektor UNJ Meiliasari menjelaskan pada detikEdu bahwa PTM hanya untuk perkuliahan yang butuh praktikum.

Sementara, perkuliahan teori akan tetap dilakukan daring. Lebih lanjut, kapasitas mahasiswa yang melakukan praktikum di laboratorium adalah maksimal 50 persen dan harus sudah vaksinasi COVID-19.

3. IPB

PTM terbatas di IPB University mulai dilaksanakan Oktober mendatang. "Kita akan melaksanakan secara bertahap, sambil terus memantau perkembangan pandemi. Paling cepat kegiatan offline dilakukan setelah UTS (pertengahan Oktober), dan mengutamakan pada kegiatan peningkatan skill mahasiswa melalui kegiatan praktikum, praktik di laboratorium, studio/laboratorium lapang," kata Wakil Rektor IPB Martianto pada detikEdu pada Selasa (31/08/2021).

4. UNS

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah melakukan kuliah tatap muka sejak Senin, 6 September 2021. Empat fakultas melakukan PTM di hari pertama, yakni Fakultas Keolahragaan (FKOR), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Kedokteran (FK), dan Fakultas Hukum (FH).

Meski begitu, untuk sementara, kapasitas ruang perkuliahan dibatasi maksimal 30 persen. "Kita mulai karena semester satu baru masuk. Nanti bertahap lagi ke semester lima dan tujuh. UNS sudah bisa kita mulai termasuk ujian skripsi, disertasi, tesis, dan sebagainya yang berikutnya kalau sudah memungkinkan 30 persen bisa naik ke 40 persen dan 50 persen. Semua sudah harus menerapkan tata cara disiplin prokes," jelas Prof. Jamal, dikutip dari laman UNS.

Daftar kampus siap kuliah tatap muka terbaik lainnya, klik di sini ya.

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia