Cerita Mahasiswa Unsoed, Ikut Pertukaran Pelajar di Kampus Mirip Hogwarts

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 22 Okt 2021 18:00 WIB
University of Glasgow
Foto: University of Glasgow (diambil dari situs resmi University of Glasgow)
Jakarta -

Siapa bilang kuliah di Hogwarts hanya ada di khayalan saja? Berkuliah di kampus mirip Hogwarts berhasil diwujudkan oleh salah satu mahasiswi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed).

Dina Rizqyatuzzahra merupakan mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat Unsoed angkatan 2018. Dia lolos mengikuti seleksi Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Di Unsoed sendiri ada enam mahasiswa yang lolos dalam seleksi IISMA.

Dina lolos seleksi dan mendapatkan kesempatan satu semester berkuliah di kampus mirip Hogwarts yaitu University of Glasgow, Inggris.

Dina memilih University of Glasgow tentu bukan tanpa alasan. Menurutnya, University of Glasgow adalah salah satu universitas top dan tertua ke 4 di UK. Dina menganggap kampus ini seperti di film Harry Potter.

"Bangunannya antik dan unik seperti cerminan Hogwarts dalam serial Harry Potter," kata Dina yang dikutip dari laman Dikti Kemendikbud, Jumat (22/10/2021).

Dina juga menyampaikan, kampus ini juga terletak di kota Glasgow yang indah dan aman bagi pelajar.

Menurut Dina, dengan adanya program beasiswa IISMA kerjasama Kemendikbud dan LPDP dapat memberikan kesempatan berharga bagi para mahasiswa yang ingin memperoleh pengalaman baru. Ia juga mengatakan jika belajar di luar negeri akan menambah wawasan dan teman baru.

"Dengan mengikuti program ini, kita dapat menambah wawasan mengenai negara yang kita kunjungi dan menambah ilmu pengetahuan yang tidak diajarkan di kampus tempat kita belajar di Indonesia," ungkap Dina.

Adapun, Dina juga memberikan tips agar dapat lolos seleksi program IISMA. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dikarenakan seleksinya ketat dan memiliki banyak pesaing.

Dina mengungkapkan salah satu syarat utamanya adalah memiliki kemampuan bahasa Inggris.

"Kemudian yang tak kalah penting tentunya adalah tekad, mental, dan doa yang kuat untuk dapat mengikuti seleksi dengan menonjolkan keunggulan yang dimiliki di diri masing-masing dan berdoa semoga selalu diberikan kelancaran," kata Dina.

"Selain itu, program ini juga dapat menjadi motivasi bagi saya untuk mengikuti program beasiswa lain untuk studi lanjut dan memotivasi teman-teman khususnya dari Unsoed untuk mengikuti program IISMA sehingga mendapatkan pengalaman dan ilmu baru yang tidak didapatkan di tempat lain," kata Dina.



Simak Video "Ragam Perayaan 20 Tahun Harry Potter di Cartoon Network"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia