Daftar Perguruan Tinggi Dunia Tujuan Beasiswa LPDP IISMA

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 11 Mei 2021 18:41 WIB
beasiswa
Daftar Perguruan Tinggi Dunia Tujuan Beasiswa LPDP IISMA Foto: Getty Images/iStockphoto/malerapaso
Jakarta - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) membuka pendaftaran program mobilitas internasional mahasiswa Indonesia atau IISMA 2021 mulai 10-22 Mei 2021.

Mahasiswa calon pendaftar bisa memilih 73 perguruan tinggi dari 28 negara yang bermitra dalam IISMA yang merupakan salah satu program beasiswa LPDP ini.

Mendikbudristek Nadiem Makarim menuturkan, beasiswa IISMA berupaya merespons kebutuhan mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja.

"Program ini membuka kesempatan kepada mahasiswa mewujudkan mimpi dengan mengikuti matakuliah unggulan di perguruan tinggi terkemuka di dunia, mengembangkan kemampuan lintas budaya, memperkuat jejaring internasional, dan mempersiapkan diri untuk dunia kerja, " kata Nadiem dalam siaran Peluncuran Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) di kanal Youtube Kemendikbud RI, Selasa (11/5/2021).

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbudristek Nizam menuturkan, IISMA merupakan beasiswa pemerintah untuk mahasiswa belajar satu semester di perguruan tinggi dunia. Adapun capaian pembelajaran selama masa beasiswa diseterakan hingga 20 SKS di kampus asal sebagai implementasi dari Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka Kemdikbudristek.

Pendanaan beasiswa mobilitas internasional ini mencakup uang pendaftaran dan SPP yang akan dibayarkan langsung ke perguruan tinggi mitra luar negeri, biaya perjalanan berupa tiket pesawat PP kelas ekonomi dari kota asal di Indonesia ke ke kota tujuan belajar, biaya hidup bulanan di negara tujuan belajar, dan asuransi kesehatan selama mengikuti program.

Di samping itu, karena masuk dalam beasiswa LPDP, lembaga pendanaan ini juga membiayai biaya tes PCR sebelum berangkat ke negara tujuan dan saat akan kembali ke Indonesia bila diperlukan, biaya penerbitan bisa negara tujuan, dan biaya keadaan darurat mahasiswa secara kolektif.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemdikbudristek Aris Djunaidi menuturkan, saat ini ada 73 perguruan tinggi dunia dari 31 negara yang bekerjasama sebagai mitra program beasiswa IISMA.

"Di masa pandemi, memang ada 13 perguruan tinggi yang belum mengizinkan (perkuliahan tatap muka), tetapi 60 perguruan tinggi siap untuk menerima mahasiswa kita belajar ke sana. Targetnya 1000 mahasiswa. Di mana 60 perguruan tinggi tersebut sudah mengirimkan proposal dan protokol kesehatan yang harus ditempuh mahasiswa sebelum berangkat dan juga ada berbagai syarat tertentu," kata Aris.

Ia menuturkan, beberapa negara mitra beasiswa IISMA di antaranya Inggris, Singapura, Amerika Serikat, Malaysia, dan Korea Selatan. "Sementara Australia dan New Zealand masih belum," jelas Aris.

Berikut daftar perguruan tinggi tujuan program beasiswa IISMA:

Daftar kampus tujuan program beasiswa IISMA

  • Hanyang University
  • Tohoku University
  • Nanyang Technological University
  • University of Edinburgh
  • University of California, Davis
  • University of Leeds
  • Abu Dhabi University
  • National Taiwan Univeristy of Science and Technology
  • Maastricht University
  • National University of Ireland Galway
  • University of Warsaw
  • University of Pisa
  • Michigan State University
  • Prince of Songkla University
  • Penn State University
  • Vrije University Amsterdam
  • Korea University
  • University of Granada
  • University of Zagreb
  • Sapienza University of Rome

Daftar perguruan tinggi tujuan beasiswa IISMA, protokol kesehatan kampus, dan matakuliah pilihan dapat dilihat di https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/web/IISMA .

Kualifikasi pendaftar beasiswa IISMA

- Warga Negara Indoensia dan berdomisili di Indonesia
- Terdaftar di perguruan tinggi dalam negeri asal mahasiswa
- Sedang menempuh perkuliahan di semester 4 - 7 program sarjana (S1) saat melaksanakan program
- Dinominasikan oleh perguruan tinggi dalam negeri asal mahasiswa
- Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan skor resmi minimum IELTS - 6.0, TOEFL iBT - 78, Duolingo English Test - 100 atau TOEFL ITP - 550 yang masih berlaku pada tanggal 17 Mei 2021
- Belum pernah menerima beasiswa pertukaran mahasiswa luar negeri lainnya
- Bersedia mengikuti peraturan dan ketentuan yang berlaku yang ditetapkan oleh Kemdikbud selama mengikuti program ini.

Jadwal pelaksanaan program IISMA
- Pendaftaran dan penerimaan berkas: 10-22 Mei 2021
- Seleksi dan wawancara mahasiswa: 23-25 Mei 2021
- Pengumuman penerima beasiswa program mobilitas internasional mahasiswa Indonesia: 28 Mei 2021
- Persiapan keberangkatan: Akhir Juni-Juli 2021*
- Keberangkatan: Agustus atau September 2021*
- Periode studi: September-Desember 2021*
*Tentatif, menyesuaikan dengan kalender akademik perguruan tinggi tujuan

Selengkapnya tentang beasiswa LPDP dan Kemdikbudristek program IISMA - Kampus Merdeka bisa diakses di https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/web/IISMA . Yuk, daftar!

Simak Video "Nadiem Berharap Penerima LPDP Kembali Ke Tanah Air Usai Studi"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia