Jurusan Akuntansi Belajar Apa? Ini Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Olivia Sabat - detikEdu
Selasa, 19 Okt 2021 11:59 WIB
belajar online
Foto: shutterstock
Jakarta -

Jurusan akuntansi merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati dalam dunia perkuliahan. Bagi kamu yang merencanakan memilih kuliah jurusan akuntansi, baiknya kenalan dulu dengan mata kuliah dan prospek kerjanya, yuk.

Menurut buku Pengantar Akuntansi yang ditulis oleh Hantono dan Namira Ufrida, akutansi adalah seni pencatatan, penggolongan, peringkasan, dan pelaporan, baik dalam unit moneter atas transaksi-transaksi keuangan dan kejadian-kejadian lain sehubungan dengan keuangan perusahaan maupun dalam menafsirkan hasil-hasil pencatatan.

Mengapa akuntansi disebut sebagai seni? Karena akuntansi memerlukan kerapian, ketelitian, serta kebersihan.

Mengutip Modul Teknisi Akuntansi dalam Jaringan yang diterbitkan Kemdikbud, pengertian akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak, dan pembuat keputusan lain dalam membuat alokasi sumber daya keputusan di perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.

Dalam modul tersebut, akuntansi juga diartikan sebagai seni dalam mengukur, berkomunikasi, dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Adapun dalam dunia perkuliahan, jurusan akuntansi umumnya berada dalam naungan fakultas ekonomi dan bisnis.


Mata Kuliah Jurusan Akuntansi

Pasti kamu bertanya-tanya apa saja yang dipelajari dalam kuliah jurusan akuntansi. Pada dasarnya, jurusan akuntansi akan mempelajari cara pencatatan laporan keuangan, memeriksa, dan memberi penilaian atas informasi keuangan.

Masih melansir sumber modul yang sama dengan sebelumnya, berikut ini adalah sejumlah mata kuliah yang secara umum akan kamu pelajari di jurusan akuntansi:

1. Pengantar Akuntansi

Meliputi pengumpulan, penganalisisan, pencetakan dan penyusunan laporan-laporan keuangan beserta penafsirannya.

2. Akuntansi Sektor Publik

Mengumpulkan, mencatat, mengklasifikasi, menganalisis, dan membuat laporan keuangan untuk suatu organisasi publik.

3. Akuntansi Biaya

Akuntansi yang mengkhususkan pekerjaan dalam proses pencetakan, penggolongan, meringkas, dan penyajian biaya-biaya pembuatan serat penjualan produk diikuti dengan penafsiran hasilnya.

4. Akuntansi Anggaran

Akuntansi yang ditujukan untuk menggunakan data akuntansi sebagai dasar menyiapkan rencana keuangan atau anggaran untuk periode yang akan datang.

5. Akuntansi Pemerintah

Akuntansi yang dipakai oleh pemerintah.

6. Sistem Informasi Akuntansi

Penetapan pola catatan dan laporan akuntansi, serta pengembangan prosedur dalam pengumpulan, pencatatan, dan penyusunan data-data akuntansi.

7. Perpajakan

Akuntansi yang dipakai untuk menghitung pembayaran pajak penghasilan.

8. Pengauditan

Meliputi pemeriksaan akuntansi hasil pekerjaan yang sudah dilakukan.

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Prospek kerja jurusan akuntansi terbuka lebar di berbagai sektor yang mempergunakan keahlian di bidang akuntansi, mulai dari sektor perbankan, berbagai perusahan swasta dan nasional, bahkan sampai bidang pemerintahan pusat maupun daerah.

Ada beberapa pilihan profesi yang bisa kamu jalani setelah lulus dari jurusan akuntansi, yaitu,
1. Akuntan publik,
2. Akuntan internal,
3. Akuntan pemerintah,
4. Akuntan pendidik,
5. Auditor di kantor akuntan,
6. Konsultan pemula.

Itu dia penjelasan mengenai mata kuliah dan prospek kerja jurusan akuntansi. Detikers berminat untuk masuk jurusan akuntansi?



Simak Video "Lebih Penting Passion atau Bakat?"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia