Pilihan Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian MBTI, Bisa Jadi Referensi Nih!

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 30 Sep 2021 07:20 WIB
Proud mother hugging her graduating son and looking very happy – education concepts
Foto: Getty Images/andresr/Pilihan Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian MBTI, Bisa Jadi Referensi Nih!
Jakarta -

Detikers apakah kalian tahu MBTI? MBTI adalah Myers-Briggs Type Indicator atau identifikasi kepribadian dalam diri setiap orang. Dalam tes MBTI juga terlihat minat dan kekuatan seseorang.

Nah, MBTI ini juga bisa dijadikan acuan dalam memilih jurusan kuliah lho. Berikut rekomendasi jurusan kuliah sesuai MBTI yang dikutip dari Teen Vogue.

Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian MBTI:

1. INFP: Penulisan Kreatif

Jika kalian merupakan seorang INFP yang betah menjelajahi dunia batin, penulisan kreatif merupakan pilihan yang tepat. Jika di Indonesia mungkin jurusan ini masih jarang tetapi detikers bisa menggantinya ke sastra.

Media seperti puisi dan fiksi dapat membantu Anda menjelajahi dinamika hubungan yang rumit, mengekspresikan emosi terdalam. Jadi penulisan kreatif sangat cocok dengan INFP.

2. ISFP: Jurusan Seni

Seseorang dengan MBTI ISFP sangat cocok masuk jurusan seni. Hal ini dikarenakan mereka dapat mengekspresikan diri melalui seni. Dengan seni seseorang dengan MBTI ISFP dapat menyampaikan pesannya dengan baik.

3. ENFP - Kebijakan Publik

Seseorang dengan ENFP cenderung ingin membuat perbedaan dalam kehidupan masyarakat dan kebijakan publik merupakan pilihan yang tepat. Bidang ini akan mengajarkan elemen-elemen dari berbagai ilmu sosial, dari sosiologi hingga ekonomi, dan membantu menjelajahi dampak luasnya terhadap masyarakat.

4. ESTP: Bisnis

ESTP sangat cocok untuk jurusan bisnis. Hal ini dikarenakan mempelajari bisnis akan membekali seseorang untuk menjadi seorang wirausaha, pekerjaan di mana detikers menentukan peran dan menciptakan kesuksesan sendiri.

5. ISTP: Teknik

ISTP adalah seseorang yang teliti dengan detail. Maka jurusan ini sangat cocok untuk ISTP. ISTP hebat dengan detail teknis seperti angka dan data.

6. ISFJ: Perawat

ISFJ adalah seseorang yang memiliki hati yang besar dan suka merawat. Oleh karena itu perawat adalah jurusan kuliah yang tepat.

7. INTJ: Ilmu Komputer

Seseorang dengan MBTI INTJ memiliki bakat memahami bagaimana sistem beroperasi. Jadi ilmu komputer merupakan jurusan yang cocok untuk seorang INTJ.

8. INFJ: Psikologi

Ciri khas seorang INFJ adalah bijaksana dan dewasa. INFJ juga sering dijadikan tempat curhat oleh teman-teman. Memilih jurusan Psikologi dapat meningkatkan pengetahuan seorang INFJ di bidang pikiran manusia dan tetap membantu orang lain.

9. ENTJ: Keuangan

Seseorang ENTJ adalah orang yang kompetitif, sehingga jurusan ini sangat cocok bagi mereka yang membutuhkan fokus, wawasan, dan kemampuan untuk bekerja dengan angka.

10. ESFP: Seni dan Design

ESFP adalah seseorang yang memiliki mata yang tajam untuk melihat detail. Mereka juga memiliki selera yang baik. Dengan memilih jurusan seni dan desain, seorang ESFP dipastikan dapat sukses.

Klik selanjutnya..

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia