Rahasia Nurman Firdausi, Wisudawan ITS yang Raih IPK 4,00

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 13 Okt 2021 19:58 WIB
Wisudawan ITS lulus dengan ipk 4,00
Foto: doc. its.ac.id
Jakarta - Ada yang menarik pada acara wisuda ke-124 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Salah satu wisudawan terbaiknya membagikan kisah perjuangan selama menjalankan studi.

Wisudawan tersebut adalah Nurman Firdaus, yang berhasil lulus pascasarjana dengan meraih IPK 4,00. Nurman lulus dari jurusan Departemen Teknik Kelautan ITS.

Dalam penelitian tesisnya, Nurman mengangkat topik "Analisis Response Gerak Kopel Floating Crane Barge saat Mengangkat Struktur atau Modul pada Kondisi Bergelombang". Uji model interaksi gerak kopel kapal dan modul tersebut dilakukan di Laboratorium Hidrodinamika Balai Teknologi Hidrodinamika.

Dengan pencapaian ini, Nurman mengaku sangat bersyukur. Meskipun sejatinya ia memang sudah menargetkan hal tersebut sejak memulai studinya.

Menentukan Target Sejak Awal

Menurutnya, untuk mencapai sebuah tujuan caranya adalah dengan memiliki prinsip untuk selalu fokus dan menentukan target yang ingin dicapai dari awal.

"Ketika sudah menentukan target maka harus diiringi kerja keras untuk mencapainya. Kita harus punya sesuatu yang ingin kita capai," ungkap Nurman seperti dikutip detikEdu dari keterangan tertulis ITS.

Nurman juga mengungkapkan bahwa pendidikan pascasarjana ini merupakan bagian dari tugas belajar yang diamanahkan instansi pemerintah tempatnya bekerja.

Sebelumnya, ia telah bekerja sebagai staf engineering di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Tugas belajarnya bertujuan untuk dapat menunjang kompetensi dan kemampuan dalam bidang riset.

"Sebagai staf engineering, banyak target, dan tantangan untuk memberikan luaran yang bermanfaat untuk bangsa," imbuhnya.

Oleh karena itu, setelah merampungkan studi pascasarjana, Nurman kembali bekerja di BPPT dan apabila memungkinkan ia juga melanjutkan program studi doktor. Hal ini juga dilakukan untuk semakin mengembangkan kemampuannya dalam bidang riset.

Memiliki Pendirian Kuat

Nurman juga mengingatkan, bahwa salah satu kuncinya meraih hasil maksimal karena komunikasi dengan Tuhan atau berdoa. Menurutnya, apa yang manusia usahakan dengan kerja keras maka akan dikembalikan lagi oleh Tuhan Yang Maha Pencipta dengan hasil terbaik.

"Karena belum tentu saat kita bekerja keras dan mendapat hasil baik, itu yang terbaik untuk kita," ujarnya.

Selain itu, Nurman juga berpesan pada saat banyaknya tantangan yang dihadapi, seseorang harus memiliki pendirian. Prinsip yang kuat dapat digunakan untuk berpegangan pada jalan yang diinginkan.

"Jika sudah memiliki pendirian yang kuat maka tidak akan terpengaruh pandangan orang lain," ujarnya.

Simak Video "Jokowi Sarankan Mahasiswa Kedokteran Juga Belajar Robotik"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia