Unggun Jadi Wisudawan Tertua di ITS Usia 59 Tahun, Simak Kisahnya

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 11 Okt 2021 14:45 WIB
Wisudawan Tertua ITS
Foto: ITS
Jakarta -

Usia bukan menjadi halangan bagi Unggun Dahana untuk menuntut ilmu. Ia dinobatkan sebagai wisudawan tertua di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Unggun sukses menyelesaikan studinya dari Magister Departemen Teknik Sistem Perkapalan di usia 59 tahun.

"Umur tidak membatasi untuk belajar," ujar Unggun yang dilansir dari laman ITS.

Unggun sendiri mengaku alasannya melanjutkan studi karena terinspirasi dari senior dan juniornya yang menjadi dosen di ITS. Selain itu, ia juga tertarik dalam dunia kelautan sehingga menjatuhkan pilihannya pada S2 Teknik Sistem Perkapalan ITS.

Menurut Unggun, jurusan yang ia pilih juga sejalur dengan pekerjaannya di bidang migas.

Selama berkuliah S2 di ITS, Unggun bercerita jika kesulitan yang dihadapinya adalah penulisan dengan menggunakan kaidah-kaidah dalam penulisan ilmiah. Sehingga ia harus belajar dan beradaptasi lagi dengan sistem penulisan ilmiah.

"Dikarenakan saya praktisi, di pekerjaan jarang menulis dengan kaidah ilmiah," ujar Unggun.

Unggun juga bercerita jika ia tidak mengalami kesulitan untuk membagi waktu antara kuliah dan pekerjaan. Perkuliahannya dilaksanakan lima kali dalam seminggu dan berdurasi 2-3 jam perhari, sehingga mudah mengatur waktu.

Adapun tesis yang ditulis Unggun berjudul Penggunaan Drone untuk Pengawasan Operasi Maritim dan Menganalisa Kesenjangan Antara Tujuan Regulasi Sistem Identifikasi Otomatis dengan Kinerjanya.

Tesis tersebut dipilihnya karena masih banyak kapal yang tidak terbaca oleh radar. Selain itu juga bertujuan untuk pengawasan laut menggunakan sistem drone guna melengkapi sistem identifikasi Automatic System Identification (AIS) di pelabuhan.

Adapun Unggun bercerita jika tesis yang dipilihnya juga terinspirasi dari buku Maritim Economics karangan Stopfords. Dalam buku ini mengisahkan tentang kejayaaan ekonomi maritim di Mesopotamia sejak 5.000 tahun silam.

Ia berharap tesis yang ditulisnya dapat bermanfaat untuk keselamatan teknologi di berbagai bidang.

"Harapan saya agar mengedepankan aspek keselamatan dan lingkungan dalam mengembangkan teknologi," kata wisudawan tertua ITS tersebut.



Simak Video "Aksi Keren Musisi Cilik, Kolaborasi Secara Daring"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia