Mahasiswa Unimed Raih Emas PON Papua Cabor Wushu, Ini Sosoknya

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 05 Okt 2021 09:00 WIB
Medali emas PON Papua cabor wushu
Foto: Screenshot Instagram Universitas Negeri Medan
Jakarta - Pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Presiden Joko Widodo sempat menyaksikan pertandingan wushu di Gedung Olahraga Hiad Sai Trikora, Kabupaten Merauke, pada (03/10/2021). Dalam laman Presiden Republik Indonesia yang dikelola Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, saat Jokowi tiba, tengah berlangsung pertandingan final wushu sanda (tanding) kelas 52 kilogram putri.

Saat itu, tengah bertanding atlet wushu perwakilan Sumatra Utara, Rosalina Simanjuntak, dengan atlet wushu asal DKI Jakarta, Amanda La Loupatty. Pada pertandingan keduanya, Rosalina menjadi pemenang dan meraih medali emas.

Rosalina Simanjuntak adalah atlet PON Papua asal Sumatra Utara yang juga merupakan mahasiswa Universitas Negeri Medan. Ia berstatus mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Atas prestasi mahasiswanya, Rektor Unimed Syamsul Gultom turut mengungkapkan rasa bangga.

"Terima kasih kepada pelatih dan tim official yang telah berjuang mengharumkan nama Unimed di ajang bergengsi ini. Kami akan terus memacu prestasi mahasiswa, baik tingkat nasional maupun internasional. Sehingga mewujudkan visi Unimed, sebagai universitas yang unggul dalam bidang pendidikan, rekayasa industri dan budaya," kata Syamsul seperti dikutip dari laman resmi Unimed pada Senin (04/10/2021).

Pada tahun-tahun sebelumnya, Rosalina juga telah menorehkan deretan prestasi sebagai seorang atlet. Masih dari sumber yang sama, di tahun 2018 Rosalina memperoleh medali perak dalam 9th Sanda World Cup di Hangzhou, medali perak di 1st FISU World University Championship di Macau, medali emas di University Games di Myanmar, dan lainnya.

Pada 2019, ia mewakili Indonesia dalam 15th World Wushu Championship di Shanghai. Di tahun yang sama, Rosalina juga berlaga dalam 30th SEA Games yang dihelat di Manila.

Wushu sendiri merupakan cabang olahraga yang pertama kali dipertandingkan di Merauke. Cabang olahraga ini dipertandingkan di PON Papua mulai 29 September sampai 3 Oktober 2021. Adapun yang diperebutkan adalah 23 medali emas dari nomor taolu (seni jurus) dan sanda (tanding).



Simak Video "Freeport Libatkan UMKM Meriahkan PON XX Papua"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia