Unand Tuan Rumah LDIM Nasional 2021, 173 Kampus se-Indonesia Ikut Serta

Jeka Kampai - detikEdu
Minggu, 19 Sep 2021 11:00 WIB
LIDM tahun 2021, lanjut Insannul Kamil, juga menjadi bagian dari rangkaian perayaan Dies Natalis Universitas Andalas yang ke 65 dan Lustrum XIII.
Foto: Universitas Andalas
Padang - Universitas Andalas (Unand) Padang menjadi tuan rumah Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Nasional 2021. LDIM 2021 diikuti 1.495 tim dari 173 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia. Acara ini akan berlangsung hingga Senin (20/9/2021) mendatang.

Rektor Unand, Yuliandri menyebutkan, LIDM merupakan momentum yang tepat untuk mendorong semangat mahasiswa di era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 guna berkompetisi menciptakan inovasi-inovasi dalam memecahkan permasalahan yang ada di lingkungan mahasiswa, masyarakat, bangsa dan peradaban.

"Lomba ini menuntut wawasan dan pemahaman mahasiswa yang luas dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi dan ilmu digitalisasi. Peningkatan soft skill akan memberikan dampak besar terhadap kreativitas, inovasi dan komunikasi mahasiswa dalam merespon semua perubahan yang sedang terjadi sebagai persiapan memasuki dunia kerja," kata Yuliandri saat membuka kegiatan tersebut pada Jumat (17/92/2021) malam, sebagaimana keterangan tertulis yang diterima detikcom.

Menurut Rektor, LDIM menjadi pentas nasional bagi mahasiswa se Indonesia untuk saling berbagi gagasan, saling berkabar perkembangan dalam kreativitas dan inovasi, kolaborasi kebangsaan yang akhirnya mampu merawat ruang persahabatan dan kebersamaan bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk Indonesia Maju.

LIDM 2021 mengusung tema "Peran Inovasi Digital Mahasiswa dalam mengimplementasikan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Menuju Indonesia Bangkit Berkompetisi Abad 21" dan dilaksanakan secara daring.

"LDIM yang dilaksanakan dalam suasana pandemi Covid-19 ini menjadi tantangan terbesar untuk dapat beradaptasi dengan cepat menggunakan teknologi digital yang sedang mengintervensi hampir disemua aspek kehidupan,:" katanya.

"Atas nama Civitas akademika Universitas Andalas mengucapkan terimakasih dan penghormatan atas kepercayaan yang telah diberikan Puspresnas Kemendikbud Republik Indonesia pada Unand, " Yuliandri mengapresiasi.

Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Asep Sukmayadi mengapresiasi pelaksanaan LIDM yang berlangsung di Ranah Minang. Harapannya semakin banyak inovasi-inovasi yang muncul dan bisa dirasakan manfaat bagi masyarakat dari pergelaran acara ini. Acara pembukaan menyuguhkan berbagai penampilan seni budaya Minangkabau

Wakil Rektor III Universitas Andalas Ir. Insannul Kamil, Ph. D mengatakan pelaksanaan LIDM tahun ini terdiri dari lima divisi lomba diantaranya Divisi Inovasi Teknologi Digital, Inovasi Materi Digital Pendidikan, Video Digital Pendidikan, Poster Digital Pendidikan, dan Microteaching Digital.

"Kegiatan di Universitas Andalas menjadi gelaran yang ketiga kalinya, dimana tahun 2019 dan 2020 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadi tuan rumah dari kompetisi nasional bergengsi ini," jelas Insanul.



Simak Video "Mahasiswa Unand Ini Wisuda Daring dari Puncak Gunung Marapi"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia