Penggemar Coldplay? Yuk Ketahui Kampus dan Jurusan Para Membernya

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 14 Sep 2021 16:30 WIB
Kami Ingin Memberi: ColdPlay Tunda Tur Sampai Temukan Konser Ramah Lingkungan
Foto: ABC Australia
Jakarta -

Grup band asal Inggris Coldplay menjadi viral lantaran akan berkolaborasi dengan BTS boy group asal Korea Selatan. Diketahui kolaborasi keduanya akan mengeluarkan sebuah single yang berjudul My Universe.

Hal tersebut disampaikan oleh Coldplay secara langsung di twitternya. ""#MyUniverse // Coldplay X BTS // 24 September // Pesan dan simpan lebih dulu sekarang //," tulis Coldplay di Twitter-nya.

Detikers selain karena kolaborasi Coldplay dan BTS yang viral di Twitter, ada fakta menarik soal Coldplay yang harus kalian ketahui. Fakta menarik tersebut adalah soal pendidikan dari para member Coldplay.

Kampus dan Jurusan Personil Coldplay

Sebelum menjadi Coldplay, awalnya Chris Martin dan Jonny Buckland pertama kali bertemu saat masa orientasi di University College London (UCL) pada September 1996. Kemudian di tahun-tahun berikutnya, Chris dan Jonny bertemu dengan tiga rekannya yaitu Guy Berryman, Will Champion dan Phil Harvey sang Manager.

Pertemuan keempat member Coldplay berada di Ramsay Hall UCL. Melansir dari laman resmi UCL, Ramsay Hall adalah asrama untuk mahasiswa yang memiliki katering dan terdapat ruang makan untuk makan bersama dengan mahasiswa lainnya.

Di Ramsay Hall juga terdapat fasilitas lain seperti music room, fasilitas printing, laundry room, common room, library dan computer room, dan study areas. Ramsay Hall letaknya tidak jauh dari kampus utama UCL di Bloomsbury sehingga dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Di UCL, para member Coldplay mengambil jurusan yaitu sebagai berikut:

- Chris Martin: Ancien World Study, First-Class honours Greek and Latin

- Jonny Buckland: Matematika

- Will Champion: Antropologi

- Guy Berryman: Teknik Mesin

Fakta Tentang UCL

Melansir dari laman resmi UCL, berikut adalah 8 Fakta UCL

1. UCL pertama kali didirikan pada tahun 1826 dan menjadi universitas di Inggris pada tahun tersebut.

2. Pada tahun 1878, UCL menjadi universitas pertama di Inggris yang mengakui persamaan hak mahasiswa perempuan. Saat ini 58% mahasiswa di UCL adalah perempuan.

3. UCL merupakan London Global University. Terdapat pelajar dari 150 negara yang berkuliah di sini.

4. 54% dari hampir 43.836 komunitas mahasiswa terlibat dalam studi pascasarjana di UCL.

5. UCL adalah universitas dengan peringkat teratas di Inggris untuk kekuatan penelitian (Research Excellence Framework 2014), dengan ukuran skor penelitian rata-rata dikalikan dengan jumlah staf yang dikirimkan.

6. UCL dikaitkan dengan beberapa rumah sakit pendidikan besar - seperti Rumah Sakit Great Ormond Street untuk Anak-anak, Rumah Sakit Royal Free, dan Rumah Sakit Mata Moorfields - yang menyediakan perawatan kesehatan tingkat pertama bagi warga London dan berkontribusi pada kemajuan besar dalam penelitian medis.

7. UCL mendapatkan nominasi penghargaan nobel yang didapat dari para mahasiswanya sebanyak 29 orang dan 11 diantaranya berhasil meraih penghargaan tersebut.

8. Gedung-gedung di UCL sering digunakan dalam pembuatan film. Misalnya Front Quad dalam film Gladiator, Perpustakaan DMS Watson dan ruang Thomas Lewis di Gedung Rockefeller adalah tempat untuk adegan ruang sidang pada film Batman Begins. Selain itu film Inception juga mengambil beberapa ruang seperti Front Quad, ruang kuliah, dan perpustakaan utama.

Rangking UCL

Menurut QS WUR berikut adalah ranking UCL:

1. Global ranking 8: untuk semua subjek di QS WUR 2022

2. Global ranking 1: bidang Education and Training 2021

3. Global ranking 2: bidang Architecture and Build Environment 2021

4. Global ranking 3: bidang Archaeology 2021

5. Global ranking 6: bidang Antropologi 2021

6. Global ranking 7: bidang Anatomy & Physiology 2021

Nah itu tadi adalah kampus, jurusan, dan fakta kampus para member Coldplay? Jadi detikers tertarik berkuliah di UCL?



Simak Video "Lihat Bocoran Kolaborasi Coldplay dan BTS yang Bertajuk 'My Universe'"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia