COVID-19 Varian MU vs Varian Delta, Ini yang Lebih Ganas

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 09 Sep 2021 11:35 WIB
Corona Viruses against Dark Background
Foto: Getty Images/loops7/COVID-19 Varian MU vs Varian Delta, Ini yang Lebih Ganas.
Jakarta - Adanya COVID-19 varian MU yang merupakan jenis baru telah diumumkan organisasi kesehatan dunia. Sebelumnya WHO mengumumkan keberadaan varian delta yang berbahaya dan mudah menyebar.

COVID-19 varian MU vs varian Delta, mana yang lebih ganas?

Dikutip dari situs UGM, Ketua Pokja Genetik FKKMK UGM dr Gunadi, SpBA, PhD, menjelaskan varian MU tidak lebih ganas dibanding Delta. Namun kondisi ini tidak lantas menurunkan tingkat kedisplinan penerapan prokes.

Varian Mu diketahui menyebabkan penurunan kadar antibodi pada tubuh. Artinya COVID-19 varian MU perlu diantisipasi dengan upaya pencegahan dan vaksinasi bagi seluruh lapisan masyarakat.

"Hasil riset awal menunjukkan varian Mu menyebabkan penurunan kadar antibodi netralisasi baik karena infeksi alamiah maupun vaksinasi, serupa dengan varian Beta. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut, kata Gunadi.

Selain penerapan protokol kesehatan dan veksin, Gunadi menyebut perlunya pengetatan pintu masuk ke Indonesia. Pengetatan mencegah virus masuk dan menyebar luas di masyarakat seperti varian sebelumnya.

Virus COVID-19 terus bermutasi dengan memunculkan banyak varian baru. Varian ini memiliki tingkat keganasan dan keparahan yang berbeda apabila terinfeksi.

Dampak infeksi COVID-19 bisa ditekan pada orang yang sudah vaksin atau pernah terpapar. Gunadi menjelaskan, vaksin mencegah terjadi keparahan pada orang yang terinfeksi COVID-19.

Sebagai informasi, COVID-19 varian MU masuk alam kategori variant of Interest (VoI) atau yang perlu mendapat perhatian. Hal ini berbeda dengan varian Delta yang masuk dalam Variant of Concern (VoC).

Virus dalam kategori VOC harus diwaspadai karena kemungkinan telah menyebar dan berdampak pada manusia. Saat ini, kasus COVID-19 varian MU belum terdeteksi di Indonesia.

Simak Video "Varian Delta Masih Dominan, Kemenkes Juga Waspadai Varian Mu"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia