Inovasi 'Obat' Anti Diabetes, Mahasiswa UGM Bikin Permen dari Kulit Salak

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 07 Sep 2021 11:30 WIB
Ilustrasi Diabetes
Foto: shutterstock/Inovasi 'Obat' Anti Diabetes, Mahasiswa UGM Bikin Permen dari Kulit Salak
Jakarta - Inovasi 'obat' anti diabetes datang dari empat mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM). Mereka berhasil membuat permen yang berkhasiat mencegah diabetes bernama Salacca Soft Candy.

Tim ini yang dibimbing dosen Fisipol UGM Bayu Dardias Kurniadi, SIP, MA, MPubPol, Ph.D ini menggunakan bahan sari buah dan ekstrak kulit salak. Permen diperkaya madu sebagai imune booster dan penambah rasa.

"Pemilihan madu sebagai pemanis tidak hanya menambah rasa manis saja namun madu mengandung zat antioksidan yang berfungsi sebagai imun booster di kala pandemi," kata bayu dikutip dari laman UGM.

Dalam satu kemasan Salacca Soft Candy mengandung zat antioksidan sebanyak 1045,2688 ppm, flavonoid 0,0253%, dan fenolik 0,1358%. Selain itu juga mengandung protein total 0,1763% dan vitamin C 53,0581 mg/100g.

Inovasi 'obat' anti diabetes berupa permen ini merupakan salah satu peserta Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan. Ide pembuatan permen anti diabetes berasal dari dampak yang yang dirasakan para petani salak akibat pandemi COVID-19.

Menurut salah satu anggota tim, Aulia Nur Aeni Kholisoh dari Fisipol UGM, petani salak di Srumbung, Magelang mengalami penurunan pendapatan. Padahal salak merupakan komoditas buah andalan di wilayah tersebut.

Aulia dan rekannya Ginna Ervarizki (FIB), Nafis Muhimmatul 'Ulya ( Fakultas Biologi), Vera Nurohmah Indrawati (Fakultas Biologi) mencari solusi pengolahan salak tahan lama dan ekonomis. Ide yang tercetus adalah memanfaatkan buah dan kulit salak menjadi pangan sehat.

Berbagai literatur menyebutkan kulit salak mengandung zat bioaktif seperti flavonoid, fenolik, zat aktif lainnya yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan inilah yang mampu mencegah diabetes dan membantu tubuh lebih sehat.

Salah satu anggota tim, Ginna berharap, inovasi timnya dapat membantu menekan tingginya jumlah kasus diabetes. Produk Salacca Soft Candy UGM saat ini telah diluncurkan ke pasar. Dengan mengeluarkan Rp8.000 Anda sudah bisa mendapatkan satu kemasan permen seberat 50 gram.

Simak Video "Indonesia Masuk Tiga Besar Negara dengan Angka Prediabetes Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia