Dear Mahasiswa Vokasi, Uji Kompetensi Kini Bisa Lewat Aplikasi Ini

Kristina - detikEdu
Jumat, 03 Sep 2021 20:00 WIB
Banyuwangi Fasilitasi Anak Muda Uji Kompetensi Gratis Hotel sampai Komputer
Foto: Ardian Fanani
Jakarta -

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan baru saja meluncurkan Aplikasi Si Kompeten. Aplikasi tersebut digunakan untuk memudahkan dalam melakukan Uji Kompetensi.

Peluncuran tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto. Wikan menegaskan, Uji Kompetensi berbasis aplikasi merupakan salah satu upaya transformasi digital pelatihan kursus.

"Si Kompeten adalah layanan Uji Kompetensi yang dikembangkan oleh Direktorat Kursus dan Pelatihan Ditjen Pendidikan Vokasi," kata Wikan dalam Bincang Pendidikan Vokasi secara daring, Jumat (3/9/2021).

"Tujuannya mendigitalisasi proses-proses yang tadinya itu manual disupport oleh teknologi digital sehingga akan memunculkan kemudahan," lanjut Wikan.

Wikan memaparkan, sistem informasi dan Uji Kompetensi menggunakan Aplikasi Si Kompeten dilakukan untuk memberikan penjaminan mutu lulusan, meningkatkan mutu pengujian, serta memanfaatkan teknologi agar memudahkan dalam kinerja.

"Proses pengujiannya harus akuntabel, terukur, berkualitas, benar-benar mengukur kompetensi lulusan karena harus objektif," papar Wikan.

Si Kompeten memiliki berbagai keunggulan. Di antaranya memberikan jangkauan yang lebih luas, lebih transparan, memiliki indikator yang jelas, terpercaya dan menggunakan sistem yang terintegrasi.

"Proses uji lebih transparan, karena sejak awal dapat dipantau oleh LSK dan direktorat," terang Wikan.

Nantinya, peserta dapat melakukan presensi melalui aplikasi tersebut. Selain itu, sertifikat hasil kompetensi juga bisa diunduh dalam aplikasi Si Kompeten.

Aplikasi Si Kompeten merupakan solusi bagi sumber daya manusia (SDM) yang menginginkan sertifikasi atas kompetensi yang dimiliki secara lebih mudah dan terintegrasi. Aplikasi Si Kompeten dapat diakses melalui laman kursus.kemdikbud.go.id/ujk.

Uji Kompetensi diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) yang dapat diikuti oleh peserta didik kursus dan pelatihan serta warga masyarakat yang belajar mandiri.

Dilansir dari laman Si Kompeten, saat ini terdapat 41 LSK, 1.416 tempat Uji Kompetensi, dan 1.571 penguji kompetensi.



Simak Video "Uji Kompetensi Wartawan, Ishadi SK: Dipercaya Penonton-Berkualitas"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia