UNY Dukung Atlet Sepakbola Kuliah Hingga S3

atj - detikEdu
Jumat, 20 Agu 2021 12:16 WIB
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Jumat (14/8/2020).
Foto: Kristina/detikcom
Jakarta -

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mendukung kerja sama perguruan tinggi dan sepak bola Indonesia. Rektor UNY Sumaryanto mengatakan akan memfasilitasi para atlet sepak bola hingga S3 dan meraih gelar doktor.

"Para pemain sepakbola diharapkan tidak hanya terampil dalam teknik permainan namun juga mampu berprestasi dalam bidang Akademik," kata Sumaryanto yang dikutip dalam laman UNY.

Ketua PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, sangat mengapresiasi kerja sama dengan pihak kampus. Lewat kerja sama ini, kampus diharapkan bisa mencetak pemain dan mencukupi kebutuhan pelatih profesional.

"Saat ini kita memiliki 5 ribu SSB (Sekolah Sepakbola) dan 943 klub sepakbola dengan jumlah pelatih hanya sekitar 7 ribu orang. Tentu saja ini sangat tidak sebanding," kata Iriawan.

Sebelumnya, ada beberapa pemain sepakbola U-19 yang di bawah asuhan Indra Sjafri yang sudah menyelesaikan jenjang S1. Saat ini mereka sedang menempuh S2 di jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) FIK UNY.

UNY telah menyiapkan beberapa fasilitas untuk mendukung kualitas para atlet sepakbola seperti lapangan Atletik dan Sepakbola, Health and Sport Center (HSC), Gedung Olahraga (GOR), kolam renang dan beberapa fasilitas bertaraf internasional lainnya.

Selain UNY, ada lima perguruan tinggi lain yang ikut dalam kerja sama sepakbola dan perguruan tinggi. Kampus tersebut adalah Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Padang, Unesa, UM, dan STKIP Pasundan.



Simak Video "Respons Ketua Asprov PSSI Jateng yang Disanksi soal Sertifikat Wasit"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia