Mahasiswa ITB dan Unpad Bisa Kuliah hingga Riset Bareng Lho, Gimana Caranya?

Rahma Harbani - detikEdu
Kamis, 08 Jul 2021 10:00 WIB
Kampus ITB
Foto: Istimewa/Mahasiswa ITB dan Unpad Bisa Kuliah hingga Riset Bareng Lho, Gimana Caranya?
Jakarta - Institut Teknologi Bandung (ITB) menggandeng Universitas Padjadjaran (Unpad) dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mulai semester 1 tahun ajaran 2021/2022. Periode pendaftaran tahap pertama akan dibuka hingga 31 Juli 2021 pukul 23.59 WIB mendatang.

Melalui kerja sama ini, mahasiswa ITB dapat mengikuti mata kuliah yang diajarkan oleh dosen Unpad bersama mahasiswa Unpad lainnya dan berlaku sebaliknya. Program kuliah bersama menawarkan 111 mata kuliah yang dapat dipilih oleh mahasiswa.

"Terdapat 111 kesempatan bersama dengan anak Unpad. Untuk melihat seluruh mata kuliah yang ditawarkan dapat melihat https://linktr.ee/merdekabelajar.itb. Seluruh program akan dilaksanakan semester 1 2021/2022," bunyi keterangan di Instagram akademik ITB, dikutip detikEdu, Kamis (8/7/2021).

Selain kegiatan perkuliahan bersama, program lainnya yang ditawarkan melalui kerja sama ini adalah kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM). Nantinya para dosen maupun mahasiswa dari ITB dan Unpad akan berkolaborasi bersama di 30 pusat riset dan pusat studi yang tersedia.

Program ini direncanakan akan diikuti oleh 157 mahasiswa untuk penelitian dan 88 mahasiswa lainnya untuk ikut dalam pengabdian masyarakat.

Adapun tata cara untuk mendaftarkan diri dalam program kegiatan perkuliahan bersama mahasiswa ITB dan Unpad adalah sebagai berikut.

Cara Daftar Kuliah Bareng ITB x Unpad Kampus Merdeka:

1. Terdapat 111 pilihan mata kuliah yang dapat diikuti mahasiswa ITB untuk perkuliahan di Unpad. Pastikan memilih untuk rencana masa depanmu, bukan memilih untuk mendapat kemudahan nilai.

Namun, pilihlah mata kuliah yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Jangan lupa untuk catat kode mata kuliah yang akan dipilih.

2. Daftarkan mata kuliah yang dipilih. Pastikan ketika melakukan input kode mata kuliah yang dipilih sudah bernar. Sebab jika terjadi kesalahan tidak dapat dilakukan perbaikan

3. Notifikasi persetujuan, artinya mahasiswa yang disetujui melalui laman merdekabelajar.itb.ac.id pada Jumat (16/7/2012) mendatang. Untuk waktu pengumuman akan disampaikan kemudian melalui sosial media @merdekabelajar.itb atau @akademikITB.

4. Seluruh mahasiswa yang sudah disetujui akan melaksanakan perkuliahan bersama dengan mahasiswa Unpad dan terdaftar sebagai mahasiswa non-reguler Unpad. Dimohon untuk berkomitmen dalam menyelesaikan program yang dipilih.

5. Setelah perkuliahan, mahasiswa ITB akan mendapatkan transkrip nilai dari Unpad yang dilaporkan kepada program studi untuk mendapatkan pengakuan dari ITB melalui mekanisme transfer kredit.

  • Alur pendaftaran program PPM dapat disimak pada penjelasan berikut ini.

1. Hubungi program studi untuk konsultasi PPM yang tersedia. Terdapat 30 pilihan pusat studi dan riset yang tersedia dan dapat dipilih oleh mahasiswa ITB melalui laman https://linktr.ee/merdekabelajar.itb.

Silakan konsultasikan program yang akan dipilih dengan program studi. Sebab setiap sekolah atau fakultas memiliki ketersediaan mitra pusat studi dan pusat riset yang berbeda-beda.

2. Daftarkan program PPM yang dipilih. Sebelum melakukan submit, pastikan sudah memahami pemetaan kegiatan, mata kuliah ekuivalen, dan kriteria mahasiswa yang dibutuhkan.

3. Notifikasi persetujuan, artinya mahasiswa yang disetujui melalui laman merdekabelajar.itb.ac.id pada Jumat (16/7/2012) mendatang. Untuk waktu pengumuman akan disampaikan kemudian melalui sosial media @merdekabelajar.itb atau @akademikITB.

4. Seluruh mahasiswa yang sudah disetujui akan melaksanakan PPM bersama dengan mahasiswa atau dosen Unpad maupun ITB. Dimohon untuk berkomitmen dalam menyelesaikan program yang dipilih.

5. Setelah kegiatan PPM selesai, mahasiswa harus melaporkan kegiatan yang diikuti untuk pengakuan kredit dan nilai mata kuliah berupa laporan tertulis, poster proses dan hasil kegiatan, serta video.

Informasi lengkap mengenai Kampus Merdeka kolaborasi ITB dan Unpad dapat kunjungi laman https://s.id/MBKMITBUNPAD2021. Selamat mencoba, detikers!

Simak Video "Penjelasan Kemdikbud soal Spesifikasi Laptop yang Disoroti Netizen"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia