Pendaftaran Program Sarjana Terapan Unpad Dibuka Hingga 5 Juli, Yuk Daftar!

Trisna Wulandari - detikEdu
Sabtu, 03 Jul 2021 13:50 WIB
Unpad
Foto: Mukhlis Dinillah
Jakarta - Universitas Padjadjaran (Unpad) membuka pendaftaran Seleksi Masuk Unpad (SMUP) program Sarjana Terapan Unpad tahun akademik 2021/2022 hingga Senin (5/7/2021). Pendaftaran program Sarjana Terapan juga terbuka bagi peserta yang tidak lolos SMUP Unpad Sarjana Jalur Mandiri, Prestasi, dan Internasional.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief S. Kartasasmita, PhD menjelaskan, program sarjana terapan saat ini menjadi program unggulan pemerintah untuk penyiapan lulusan perguruan tinggi dengan keterampilan yang dekat dengan dunia kerja. Ia mengatakan, pembelajaran di program Sarjana Terapan Unpad sudah direformasi sehingga betul-betul berbasiskan dengan dunia kerja.

"Berbeda dengan program sarjana yang lebih bersifat sains, sarjana terapan lebih ke arah aplikasi, sehingga bisa langsung bekerja. Dan tingkatannya bukan lagi diploma, tetapi setara sarjana," kata Arief, dikutip dari laman Unpad, Sabtu (3/7/2021).

Unpad memiliki 14 program studi Sarjana Terapan, yaitu Akuntansi Perpajakan, Akuntansi Sektor Publik, Bisnis Internasional, Pemasaran Digital, Kebidanan, Teknologi Industri Kimia, Agroteknopreneur, Administrasi Keuangan Publik, Administrasi Pemerintahan, Bisnis Logistik, Kearsipan Digital, Bahasa dan Budaya Tiongkok, Manajemen Produksi Media, serta Pariwisata Bahari.

Arief menjelaskan, mulai semester ganjil tahun akademik 2021/2022, Unpad menjalin kerja sama dengan berbagai dunia usaha dan dunia industri (DUDI) untuk aktivitas program sarjana terapan. Kerja sama tersebut guna mendorong mahasiswa program Sarjana Terapan langsung bekerja di perusahaan atau instansi yang menjadi mitra Unpad.

"Sudah ada kerja sama dengan berbagai industri, seperti Biofarma, Tanihub, dan pemerintah daerah. Banyak mitranya yang sesuai bidang ilmunya," jelas Arief.

Biaya pendidikan program Sarjana Terapan Unpad terdiri dari Uang Kuliah Tunggal atau UKT Rp8 juta-10 juta per semester dan Dana Pengembangan Rp0-30 juta di awal perkuliahan sesuai ketetapan masing-masing prodi.

Pendaftaran program Sarjana Terapan Unpad dapat dilakukan di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login. Seleksi Sarjana Terapan Unpad menggunakan metode ujian daring. Pelaksanaan ujian seleksi akan digelar pada 15 Juli mendatang.

Persyaratan dan cara daftar SMUP Sarjana Terapan Jalur Mandiri sebagai berikut:

Persyaratan dan Ketentuan Bagi Peserta SMUP Unpad Jalur Mandiri

- Warga Negara Indonesia (WNI)

- Lulusan SMA/MA/SMK Tahun 2019, 2020, atau 2021 atau Lulusan Paket C dengan umur maksimal 25 tahun.

- Memeriksa persyaratan umum dan khusus untuk mendaftar ke program studi yang dituju.

- Mendaftar dan mengisi data secara daring melalui laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/- Mengisikan password yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP. (Password harap disimpan, karena akan selalu digunakan untuk setiap mengakses/login ke laman portal peserta SMUP).

- Mengunggah dokumen asli Ijazah SMA/MA/SMK/Paket C, Pas foto terbaru berwarna dengan latar belakang putih ukuran 3×4 cm, Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga

- Membayar biaya pendaftaran ke Bank yang ditunjuk Unpad dengan sebelumnya mencetak nomor tagihan yang diperoleh pada saat pendaftaran online. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 150.000. Uang pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

- Mencetak atau menyimpan kartu peserta ujian yang diperoleh setelah melakukan pembayaran di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login.

Jadwal SMUP Unpad Sarjana Terapan Jalur Mandiri

- Pembukaan Jalur Mandiri: 15 Maret 2021

- Pembayaran Biaya Seleksi: 22 Maret - 5 Juli 2021 (15:00 WIB)

- Masa Isi Data dan Unggah Dokumen Persyaratan: 22 Maret - 5 Juli 2021 (15:00 WIB)

- Simulasi Ujian (Jadwal akan disampaikan melalui SMS): 13 Juli 2021

- Pelaksanaan Ujian Seleksi: 15 Juli 2021

- Pengumuman: 22 Juli 2021

Semangat mendaftar ke Unpad ya, detikers!



Simak Video "D4 Diluncurkan Kemendikbud, Ini Pendapat Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia