Mengenal Jurusan PGSD untuk Calon Guru yang Ramai Dibicarakan di Twitter

Puti Yasmin - detikEdu
Selasa, 22 Jun 2021 11:35 WIB
Sejumlah adaptasi dilakukan di masa pandemi COVID-19. Salah satunya melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring guna cegah penyebaran virus Corona.
Foto: Grandyos Zafna/Mengenal Jurusan PGSD untuk Calon Guru yang Ramai Dibicarakan di Twitter
Jakarta - PGSD menjadi salah satu jurusan bagi kalian yang ingin menjadi seorang guru, khususnya di jenjang Sekolah Dasar (SD). PGSD sendiri singkatan dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Namun, PGSD sempat menjadi trending topik di Twitter. Pasalnya, dalam sebuah tweet seseorang mengisahkan temannya yang menilai lulusan PGSD lebih hina dari ojol dan pekerja seks.

Tweet tersebut disertakan dengan gambar profesi dan gaji per bulannya. Tertulis, gaji PGSD di bawah Rp 500 ribu per bulan atau lebih kecil dibanding dengan seorang kasir Rp 4,2 juta per bulan hingga ojol Rp 1,5 hingga Rp 9 juta per bulannya.

Dalam tweet tersebut, dia mengaku bersyukur dapat lulus di jurusan PGSD. Namun, temannya justru membuatnya takut karena menyertakan gambar di atas tersebut. Ia pun meminta pendapat kepada teman-teman onlinenya terkait jurusan PGSD.

"ptn! Alhamdulillah aku dapet lolos sbm pil 2 PGSD di salah satu PTN. Tapi temen sekelas aku bikin sw gini dan bikin aku insecure. Emang salah ya jadi guru? Emang salah ya milih PGSD? Please mohon dijawab ya," bunyi tweet tersebut dikutip detikEdu, Selasa (22/6/2021).

Salah satu akun @denganlutfi pun mengaku bahwa jurusan PGSD tak semudah yang dibayangkan oleh orang lain. Sebab, ada banyak materi yang harus dipelajari dan dibuat.

"dikira gampang bikin rpp, silabus, bahan ajar, media pembelajaran, lkpd, penilaian, prota, promes, enteng bgt u ngomong pe**k," tulisnya.

Selain itu, akun @rzeezee juga mengungkapkan bahwa guru memiliki banyak amal di akhirat. Sebab mereka menjadi seorang pahlawan dalam mencerdaskan generasi bangsa.

"Ngajarin SATU HURUF aja jadi amal jariyah, bekal di akhirattt, apalagi bertaun2. Gajinya gede bangetttt!! Tabungan kalo dah mati. Semangat nderrr! Yuk bareng2 berjuang mencerdaskan mereka! *emoji hati*," tulis dia.

Mengenal Jurusan PGSD:

  • Mata Kuliah PGSD

Dilansir Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, ada 152 SKS dengan 146 SKS mata kuliah wajib, dan 10 sks mata kuliah pilihan yang harus ditempuh mahasiswa.

Adapun, beberapa mata kuliah yang dimaksud adalah Pendidikan Agama, Ke-PGRI-an, Pendidikan Pancasila, Landasan Kependidikan, Etika Profesi Kependidikan, Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia, hingga Teori Bilangan.

Ada juga, konsep dasar PKn, Konsep Dasar IPS, Konsep Dasar IPA, Statistika Dasar, Filsafat Pendidikan, Pendidikan IPA SD, Pembelajaran Geometri dan Pengukuran SD, Statistika Lanjut, Kewirausahaan, Pendidikan Bahasa Daerah, hingga Studi Eksplorasi.

  • Prospek Kerja PGSD

Dikutip dari laman resmi Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ, sarjana PGSD memiliki banyak keahlian dalam dunia kerja, yakni sebagai berikut

-Tenaga Pendidik di SD yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pendidikan berdasar keilmuan, berkarakter, inovatif, dan memiliki wawasan luas yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.

-Peneliti Pemula yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran, serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.

-Praktisi Pendidikan di SD yang berperan sebagai pembimbing, pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, pengembang media dan sumber belajar serta pendidik di jalur non formal setara sekolah dasar.

Bagaimana detikers, sudah mengenal betul kan prospek kerja PGSD?

Simak Video "Saatnya Guru Jadi 'YouTuber' Andal Lewat Program Akademi Edukreator"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia