5 Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia dengan Jurusan PGSD Terbaik

Tim detikcom - detikEdu
Rabu, 03 Mar 2021 16:23 WIB
Ilustrasi fokus (bukan buat insert) SNMPTN 2019 (Luthfy Syahban/detikcom)
Ilustrasi universitas dengan jurusan PGSD terbaik (Luthfy Syahban/detikcom)
Jakarta - Meneruskan studi ke universitas jurusan PGSD terbaik adalah pilihan tepat buat detikers yang ingin jadi guru atau pengajar Sekolah Dasar (SD). Untuk menjadi guru SD, detikers harus memenuhi beberapa syarat, salah satunya menempuh pendidikan minimal S1 atau Sarjana. Setelah itu, detikers bisa langsung mengajar atau melanjutkan kuliah ke S2 untuk meningkatkan kemampuan.

PGSD yang merupakan singkatan daru Pendidikan Guru Sekolah Dasar akan mempersiapkan detikers sebagai pengajar berkualitas dan profesional. Langkah tersebut dapat dimulai dari memilih universitas dengan jurusan PGSD terbaik dan lima di antaranya bisa detikers simak berikut ini!

Universitas Negeri Jakarta

Menjadi salah satu universitas jurusan PGSD terbaik di Jakarta, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menghadirkan jurusan PGSD yang sudah ditingkatkan hingga S1 pada 2006. Sebelumnya, jurusan tersebut hanya tersedia sampai Diploma II. Adapun mata kuliah yang tersedia mencakup IPS, IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, Penjaskes, PPkn, hingga Manajemen Pendidikan.

PGSD di UNJ sudah mencetak berbagai prestasi yang membanggakan. Salah satunya memenangi medali emas dalam kompetisi Media Pembelajaran ITEX pada 2014.

Universitas Muhammadiyah Jakarta

detikers yang ingin berkarier sebagai guru SD dengan basis agama Islam dapat mengambil PGSD di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Walau termasuk perguruan tinggi swasta, UMJ sudah memiliki akreditasi A dari BAN-PT untuk jurusan tersebut. Hal tersebut cukup membanggakan karena mereka baru membuka PGSD pada 2009 silam.

PGSD di Universitas Muhammadiyah Jakarta jurusan PGSD terbaik ini berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pendidikan dan menjadi salah satu prodi yang difavoritkan para calon guru.

Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Beralih ke Yogyakarta, ada Universitas Sanata Dharma Yogyakarta yang bisa detikers cek jika berniat menjadi guru SD. Apalagi perguruan tinggi ini menyelenggarakan sertifikasi guru, baik untuk jabatan maupun PPG, yang akan memudahkan detikers meraih profesi pengajar. Maka wajar kalau para calon mahasiswa mendaftar ke PGSD yang disediakan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Selain itu, universitas jurusan PGSD terbaik ini sudah terkenal akan prestasi akademisnya, termasuk memenangi Program Kreativitas Mahasiswa tingkat nasional hingga lomba debat bahasa Inggris.

Universitas Negeri Semarang
detikers yang menetap di Semarang mungkin sudah pernah mendengar sebaik apa reputasi PGSD di Universitas Negeri Semarang. Misalnya saja salah satu mahasiswanya yang pernah jadi juara satu debat PELTAC yang berlangsung di Malaysia. PELTAC sendiri merupakan program yang terdiri atas kegiatan pelatihan, seminar, diskusi, kompetisi, team building, hingga olahraga ekstrem.

Dengan kata lain, kuliah di Unes tak hanya mengasah kemampuan dasar detikers sebagai tenaga pengajar, melainkan juga mengembangkan kepribadian yang layak diteladani para murid di sekolah.

Universitas Negeri Surabaya
Sebagai salah satu universitas jurusan PGSD terbaik, Universitas Negeri Surabaya menyediakan kuota terbatas untuk jurusan tersebut, yakni 300 mahasiswa per angkatan. Maka dari itu, Detikers harus siap menghadapi persaingan ketat untuk memperoleh kursi di sana. Apalagi PGSD di Unesa akan mengajarkan pembuatan Perangkat Pembelajaran yang lebih efektif.

Mata kuliah yang disediakan PGSD Unesa terbilang variatif. Di antaranya Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS, PPKn, Olahraga dan Kesenian.
Itulah rekomendasi kampus negeri dan swasta yang menyediakan jurusan PGSD. Detikers bisa memeriksa layanan dan fasilitas yang tersedia untuk menunjang perkuliahan di universitas jurusan PGSD terbaik tersebut.

Semoga detikers berhasil jadi pengajar SD profesional!

(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia