Nilai UTBK 2021 Sudah Keluar? Pilih Jalur Pendidikan Akademik (S1, S2, S3) atau Vokasi?

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 16 Jun 2021 18:15 WIB
TKI di Korea Selatan diwisuda sarjana UT (M Aji Surya/detikcom)
Foto: TKI di Korea Selatan diwisuda sarjana UT (M Aji Surya/detikcom)
Jakarta - Nilai UTBK SBMPTN 2021 kini sudah dapat diunduh oleh para calon mahasiswa baru. Bagi yang akan mendaftarkan diri sebagai peserta seleksi jalur mandiri, ada baiknya mempertimbangkan terlebih dulu opsi program sarjana atau sarjana terapan.

Apabila belum familiar, program sarjana terapan adalah jenjang pendidikan Diploma 4 atau D4. Gelar sarjana terapan termasuk dalam jalur vokasi, sedangkan gelar sarjana termasuk dalam jalur akademik.

Baik sarjana maupun sarjana terapan, tidak bisa dibandingkan satu dan yang lain. Keduanya sama-sama bagus dan dapat dipilih, bergantung tujuan masing-masing calon mahasiswa baru.

Bagi kalian yang kini sudah memegang data nilai UTBK SBMPTN 2021 dan bingung akan mendaftar jalur pendidikan yang mana, simak perbedaannya di bawah ini berdasarkan tujuan, kurikulum, dan prospek karir, mengutip dari Dikti Vokasi Kemdikbud.

1. Berdasarkan tujuannya, pendidikan akademik dan vokasi memiliki target penguasaan yang berbeda. Pendidikan akademik (S1, S2, S3) bertujuan untuk menguasai dan mengembangkan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, hingga kesenian tertentu.

Sementara itu, pendidikan vokasi (D1, D2, D3, D4) bertujuan untuk menguasai keterampilan terapan tertentu. Bagi yang akan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa di salah satu perguruan tinggi, perlu diketahui bahwa jenjang D4 setara dengan S1.

2. Berdasarkan kurikulum pendidikan, jenjang akademik lebih berfokus pada materi. Di samping itu, jenjang vokasi lebih fokus pada praktik.

Pada pendidikan vokasi, kurikulum yang diajarkan memuat 60 persen pengembangan keterampilan, sedangkan pendidikan akademik sebaliknya. Jadi, dalam memilih program studi, pendaftar jalur mandiri perguruan tinggi perlu menilik kembali apakah tujuannya untuk mengembangkan keilmuan atau keterampilan.

3. Dari segi prospek karir, lulusan pendidikan vokasi diharapkan bisa lebih siap untuk bekerja di bidang industri. Bidang industri yang dimaksud adalah menjadi bagian dari perusahaan maupun membangun usaha sendiri.

Akan tetapi, di kehidupan nyata, baik pendidikan vokasi maupun akademik memiliki peluang yang sama. Baik lulusan sarjana maupun sarjana terapan, nantinya perlu sama-sama ulet mencari peluang.

Bagi detikers yang sudah memperoleh nilai UTBK SBMPTN 2021 dan tengah memilih prodi, pertimbangkan berbagai pilihan baik-baik ya.



Simak Video "D4 Diluncurkan Kemendikbud, Ini Pendapat Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia