Cara Menghitung Nilai UTBK 2021, Ini Penjelasan dari LTMPT

Puti Yasmin - detikEdu
Rabu, 16 Jun 2021 15:15 WIB
Contoh cek hasil pengumuman SBMPTN 2021.
Foto: LTMPT/Cara Menghitung Nilai UTBK 2021, Ini Penjelasan dari LTMPT
Jakarta - LTMPT telah memberikan akses nilai UTBK 2020 kepada masing-masing peserta di laman resminya. Namun, masih banyak yang bingung cara menghitung nilai UTBK 2021.

Menurut Ketua LTMPT Mohammad Nasih, pada dasarnya cara menghitung nilai UTBK hanya diketahui oleh prodi pilihan masing-masing. Sehingga, tidak semua tahu cara menjumlahnya.

"Ada formula masing-masing program studi yang dipilih," terang pria yang juga rektor Universitas Airlangga Surabaya ini kepada detikEdu, Rabu (16/6/2021).

Dihubungi terpisah, Ketua Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo menjelaskan setiap prodi memiliki pengelompokkan data atau clustering masing-masing untuk cara menghitung nilai UTBK 2021. Sehingga tak semua nilai dapat disamaratakan.

"Ada clustering, tergantung prodi yang diambil, dan lain-lain. Jadi tidak semua harus diketahui publik," tegas dia.

Sementara itu, cara melihat nilai UTBK 2021 dilakukan dengan cara membuka laman LTMPT di alamat https://portal.ltmpt.ac.id/login. Kemudian, masukkan email dan password. Klik pilihan 'UTBKSBMPTN'.

Setelah login, pilih kolom bertuliskan 'Unduh Sertifikat UTBK-SBMPTN 2021' dan 'Lihat sertifikat hasil'. Layar akan menunjukkan hasil nilai UTBK 2021 yang terdiri dari 8 indikator yang terbagi menjadi dua pilihan, 'Nilai TPS' dan 'Nilai TKA Saintek', contoh nilai UTBK 2021 sebagai berikut

Nilai UTBK 2021

Nilai TPS

Kemampuan Penalaran Umum
Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis
Pengetahuan dan Pemahaman Umum
Pengetahuan Kuantitatif

Nilai TKA Saintek/Soshum

Matematik/Geografi
Fisika/Sejarah
Kimia/Sosiologi
Biologi/Ekonomi

Sebagai informasi, nilai UTBK 2021 yang didapatkan peserta berupa sertifikat. Nantinya, sertifikat tersebut bisa digunakan untuk mengikuti seleksi mandiri maupun seleksi sekolah kedinasan yang membutuhkan.

Bagaimana detikers, Sudah jelas kan cara menghitung nilai UTBK 2021?

Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia