Kisah Mahasiswa Kampus Mengajar: Murid Raih Peringkat Satu KSN Se-Kecamatan

Trisna Wulandari - detikEdu
Sabtu, 12 Jun 2021 13:00 WIB
Siswa Siswi sekolah dasar kelas 5 menjalani ujian Penilaian Akhir Tahun secara tatap muka dengan mengunakan gawai di Sekolah Dasar Negeri 07 Pagi Malaka Jaya, Jakarta Timur, Rabu (9/6/2021).
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pendaftaran mahasiswa program Kampus Mengajar Angkatan 2 dibuka 11-30 Juni 2021. Adapun mahasiswa penerima program Kampus Mengajar Angkatan 1 sudah diberangkatkan untuk bertugas selama tiga bulan sejak 22 Maret-25 Juni 2021 di sekolah-sekolah dasar di penjuru Indonesia.

Kampus Mengajar merupakan bagian dari Program Kampus Merdeka Kemendikbudristek. Adapun Kampus Mengajar berfokus pada literasi dan numerasi anak-anak sekolah di Indonesia dan kesulitan belajar sekolah terdampak pandemi Covid-19 dengan melibatkan mahasiswa terpilih dari berbagai perguruan tinggi.

Salah satu cerita datang dari Athi' Nur Auliati Rahmah, mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Athi' mendapat penempatan di SD Negeri Guluk-Guluk II Kab. Sumenep, Jawa Timur.

Athi' bercerita, murid di sekolahnya tetap datang ke SD Negeri Guluk-Guluk II saat pandemi karena tidak punya ponsel, tidak ada sinyal, dan tidak menguasai teknologi.

Ia menuturkan, menghadapi hal tersebut, ia mencoba mengenalkan materi lewat video edukasi dan melakukan eksperimen fisika yang menarik.

Athi' menambahkan, dirinya juga bermitra dengan orang tua, melakukan kunjungan belajar ke rumah, sampai membimbing hingga mereka menang lomba.

"Semula adik bimbingan tidak bisa mengerjakan setengah ditambah seperempat, alhamdulillah sekarang bisa meraih peringkat satu KSN, Kompetisi Sains Nasional tahap 1 di tingkat kecamatan. Membuat bahagia (saya), juga orang tuanya," kata Athi' dalam siaran Peluncuran Kampus Mengajar Angkatan 2 tahun 2021, Jumat (11/6/2021).

Athi' menuturkan, ia bersyukur kehadirannya yang baru dari kampus bisa memberi sumber daya baru buat sekolah. Menurutnya, walaupun durasi program Kampus Mengajar selama tiga bulan terhitung singkat, dampak program tersebut bisa berdampak di lapangan, khususnya selama pandemi.

"Saya merasa ada perubahan cara pandang dan sikap, terutama dalam menanggapi gap pendidikan di perguruan tinggi dan lapangan di desa. Termasuk (soal) distribusi ilmu pengetahuan, fasilitas pembelajaran, motivasi belajar, peran orang tua, dan masih banyak lagi," tuturnya.

Mahasiswa yang ikut dalam Program Kampus Mengajar mendapat uang saku, bantuan potongan UKT, dan konversi SKS sebesar 20 SKS untuk memenuhi syarat kelulusan kuliah.

Pada Program Kampus Mengajar Angkatan 2 mendatang, sebanyak 17.000 mahasiswa direncanakan akan disebar di 3.400 SD dan 3.000 mahasiswa di 375 SMP di seluruh Indonesia.

Jadwal Kampus Merdeka Angkatan 2

- Pendaftaran: 11-30 Juni 2021
- Seleksi: 1-30 Juli 2021
- Pembekalan dan Pemberangkatan: 1-15 Agustus 2021
- Penugasan: 15 Agustus - 17 Desember 2021
- Penarikan Mahasiswa: 18 Desember 2021

Pendaftaran dan informasi selengkapnya bisa dilihat di https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/web/kampusmengajar2021 .

Gimana detikers, minat daftar Kampus Mengajar Angkatan 2?



Simak Video "Era Disrupsi, Jokowi Dorong Universitas Perkuat Pemanfaatan Teknologi"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia