Keren! ITS Raih Medali Emas sebagai Kampus Wirausaha Terbaik

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 11 Jun 2021 17:30 WIB
Kampus ITS Surabaya
Foto: Kampus ITS Surabaya (dok. ITS)
Jakarta - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali mencetak prestasi yang membanggakan. Kali ini ITS berhasil meraih Gold Winner dalam ajang Entrepreneurial Campus Award 2021. Penghargaan tersebut diberikan oleh MarkPlus, Inc.

Penghargaan tersebut didasarkan atas performa ITS sebagai kampus wirausaha. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan ITS dalam melakukan pendekatan kreatif dalam mendukung entrepreneurship.

ITS berhasil mendapatkan Gold Winner bersama dengan UII, Silver Winner berhasil diraih oleh Universitas Ciputra, Universitas Padjadjaran, Universitas Dian Nuswantoro, dan Universitas Airlangga. Sedangkan untuk Bronze Winner berhasil diraih oleh Ukrida, dan Universitas Pancasila.

Universitas-universitas tersebut dinilai berdasarkan framework Creativity, Innovation, dan Entrepreneurship. "ITS mampu meraih penghargaan ini berkat kerja sama seluruh sivitas akademika (ITS) yang ada," ungkap Rektor ITS Mochamad Ashari yang dilansir detikEdu dari laman ITS.

Lebih lanjut menurut Ashari, penghargaan sebagai kampus wirausaha merupakan salah satu visi ITS yang selalu diupayakan saat ini. Selain itu, Ia juga menyatakan bahwa ITS aktif menciptakan dan menyiapkan ekosistem inovasi dan kewirausahaan meliputi struktur organisasi, infrastruktur, hingga budaya bagi mahasiswanya.

"Mahasiswa adalah calon pemimpin masa depan dan ITS mampu membuka kemerdekaan berinovasi bagi mahasiswa," ujar Ashari.

Berikut adalah bobot penilaian dari Entrepreneurial Campus Award

1. Creativity: 30%

- Originality 25%

- Flexibility 25%

- Elaboration 25%

- Fluency 25%

2. Innovation: 30%

- Complexity 25%

- Compatibility 25%

- Triability 25%

- Observability 25%

3. Entrepreneurship: 40%

- Envisioning 20%

- Enlightment 20%

- Experimentation 20%

- Excellence 20%

- Enthusiasm 20%

ITS berhasil menjadi peringkat pertama, dan mengungguli Universitas Islam Indonesia, Universitas Ciputra, Universitas Padjadjaran, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Airlangga, dan lain-lain.

"Apresiasi ini sebagai penanda bahwa ITS tidak akan berhenti berinovasi dan terus menyiapkan yang terbaik bagi entrepreneur mahasiswa," ujar Ashari.

Simak Video "Aksi Keren Musisi Cilik, Kolaborasi Secara Daring"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia