Mau Ambil Kuliah D3? Ini Tips dan Trik yang Harus Dicermati

Anastasia Anjani - detikEdu
Jumat, 11 Jun 2021 16:00 WIB
sarjana
Foto: shutterstock
Jakarta - Kuliah D3 bisa menjadi pilihan untuk menjadi pilihan studi di perguruan tinggi. Kuliah D3 memiliki benefit karena dapat mempersiapkan lulusannya mendapatkan keahlian yang dibutuhkan oleh masyarakat dan dunia kerja saat ini.

Sebelum memilih D3 untuk berkuliah, terdapat beberapa tips dan trik yang harus diperhatikan. Tips dan trik tersebut membantu mahasiswa vokasi agar kuliah dapat berjalan lancar dan berpikiran bahwa jenjang D3 merupakan pilihan yang tepat.

Berikut adalah tips dan trik kuliah D3 yang dikutip dari akun Instagram Dikti Vokasi:

1. Koneksi

Ketika memutuskan untuk berkuliah memiliki koneksi merupakan hal yang penting utamanya koneksi ke perusahaan atau lembaga tertentu. Hal tersebut agar kalian mendapatkan prospek kerja setelah lulus. Banyak universitas yang menjalin kerja sama dengan perusahaan atau lembaga tertentu sehingga setelah lulus perusahaan tersebut menerima lulusan dari universitas tersebut.

2. Program D3

Memilih program D3 juga sama pentingnya dalam memilih program studi S1. Program D3 memang diarahkan untuk mempersiapkan mahasiswa langsung turun di dunia kerja. Oleh karena itu kalian juga harus memperhatikan program D3 dengan baik dan hati-hati.

Program D3 yang bagus adalah program yang memiliki kurikulum singkat dan lebih mengarah ke praktik daripada daripada teori saja.

3. Permintaan dari Masyarakat

Tips dan trik kuliah D3 yang ketiga adalah pilihlah program sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat agar setelah lulus kuliah mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan. Kalian bisa melakukannya dengan riset kondisi lingkungan, mencari masalah yang sering muncul, dan melihat lowongan di berbagai portal lowongan kerja.

Jika bingung, berikut adalah jurusan yang lulusannya banyak dicari seperti teknik mesin, akuntasi, broadcasting, perpajakan, sekretaris, dan pariwisata.

4. Lulusan D3

Setelah mengetahui prospek kerja yang dibutuhkan bagi lulusan D3, maka agar dapat mengambil D3 yang tepat, detikers perlu melihat lulusan dari kuliah D3 itu sendiri.

Kalian harus mengetahui apakah lulusan dari kuliah D3 itu akan mendapatkan prospek kerja yang sesuai dengan jurusan dan apakah lulusannya banyak yang mendapatkan pekerjaan atau saat ini sedang menganggur. Sering-seringlah berkonsultasi dengan para lulusan D3 agar dapat menjadi lulusan kuliah D3 yang berkualitas.



Simak Video "Siap ke Industri, Ditjen Vokasi Targetkan Prodi D3 Beralih ke D4"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia