Timbulkan Kontroversi, BTS Meal McD Jadi Topik Soal UAS di Unesa

Esti Widiyana - detikEdu
Kamis, 10 Jun 2021 20:45 WIB
BTS Mela McDonalds
BTS Meal jadi topik soal UAS di Unesa Foto: Dok. Pribadi Lala Han
Surabaya -

BTS Meal di McDonald's (McD) sempat membuat kerumunan di beberapa daerah di Indonesia. Seperti di tiga gerai McD Surabaya. Hal tersebut pun menjadi inspirasi dan bahan soal UAS pada program studi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) angkatan 2018 dan kelas Nasional Permata.

Di dalam soal uang dibuat oleh Dosen Ilkom Unesa mata kuliah Social Media Life, Vinda Maya Setianingrum, mahasiswa diminta untuk memberikan analisis mengapa BTS Meal di McD sampai diserbu dan menimbulkan kerumunan, sehingga menutup layanan. Mahasiswa harus menjelaskan dalam perspektif teori Social Media Strategy in the Consumer Revolution by Keith Quesenberry.

"McDonald's baru saja mengeluarkan paket BTS Meal yang membuat gerai mereka diserbu pelanggan. Satgas Covid dan Satpol PP bahkan sampai menutup layanan karena imbas kerumunan. Dalam perspektif teori Social Media Strategy in the Consumer Revolution by Keith Quesenberry, apakah case tersebut merupakan strategi bisnis ? Jelaskan analisis anda, mengapa hal itu bisa terjadi dan berikan minimal tiga peluang usaha lain yang muncul akibat BTS Meal tersebut?," tulis soal yang dibuat pada Kamis (10/6/2021).

Vinda mengatakan, alasannya membuat soal mengetahui jawaban dari para mahasiswanya. Sebab, yang ada di sosial media sebenarnya penggerak pikiran konsumen. Terlebih KPop di Indonesia banyak digemari dan diikuti.

"McD tahu persis itu. Dijadikanlah strategis bisnis. Karena hal-hal yang berkaitan dengan KPop mudah di gerakkan. Di Indonesia KPopers punya suara tersendiri," kata Vinda kepada detikcom, Kamis (10/6/2021).

Soal UAS topik BTS Meal di UnesaSoal UAS topik BTS Meal di Unesa Foto: Soal UAS topik BTS Meal di Unesa (dok. Unesa)

Dalam soal UAS 3 SKS yang diberikan itu, agar mahasiswa bisa menjelaskan korelasi marketing dengan ilmu komunikasi. Strategi marketing yang digunakan dengan cara mengkomunikasikan kepada para KPopers saat pandemi COVID-19 agar tidak menimbulkan dampak seperti saat ini.

Selain McD, dengan branding BTS juga bisa menjadi daya tarik untuk FnB lainnya. Pasalnya, pengikut boy band asal Kore Selatan di Indonesia jumlahnya tidak sedikit. Terbukti dengan membludaknya di hari pertama peluncuran BTS Meal.

"Bisa jadi. Dalam strategi bisnis dengan model ini, bisa jadi ada follower yang mengadopsi," ujarnya.

Dalam mata kuliah Social Media Life ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa Unesa saja. Melainkan pesertanya dari se-Indonesia atau dari pertukaran mahasiswa. "Mahasiswa yang ikut Permata (Pertukaran Mahasiswa Nusantara). Jadi dari kampus-kampus luar propinsi juga," pungkasnya.



Simak Video "Petugas Gabungan di Surabaya Halau Kerumunan Pengantre BTS Meal "
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia