Member BTS Kuliah S2 di Hanyang Cyber University, Ini Fakta Kampusnya!

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Kamis, 10 Jun 2021 19:57 WIB
BTS
Member BTS Kuliah S2 di Hanyang Cyber University, Ini Fakta Kampusnya! Foto: BTS (dok. Big Hit Entertainment)
Jakarta - Sibuk menggeluti dunia entertainment dari lingkup nasional hingga dunia, boyband asal Korea Selatan BTS atau Bangtan Sonyeondan tak melupakan kewajiban akademik mereka.

Mengutip dari Soompi, lima anggota BTS diluar dari anggota termudanya Jeon Jung-kook, mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru di Hanyang Cyber University untuk program Magister Administrasi Bisnis (MBA) di jurusan Periklanan & Media pada Maret 2020 lalu.

Hal ini sesuai dengan pernyataan tertulis dari agensi yang menaungi keenam anggota BTS tersebut Big Hit Entertainment.

"RM, Suga, dan J-Hope mendaftar di sekolah pascasarjana Hanyang Cyber University untuk gelar MBA di bidang Periklanan & Media pada Maret tahun lalu, dan mereka saat ini sedang bersekolah. Jimin dan V akan masuk sekolah pascasarjana Hanyang Cyber University untuk gelar MBA di bidang Periklanan & Media pada bulan September." jelas pihak Big Hit Entertainment yang dikutip detikEdu, Kamis (10/6/2021).

Kelimanya menyusul Jin yang sebelumnya sudah terlebih dahulu menjadi mahasiswa S2 di Hanyang Cyber University sejak 2017. Sementara itu, anggota termuda BTS Jeon Jung-kook berkuliah di Global Cyber University jurusan Penyiaran and Hiburan.

Lantas seperti apa kampus yang menjadi tujuan studi S2 dari anggota boyband besar asal Korea Selatan ini? Berikut 6 fakta Hanyang Cyber University yang dirangkum detikEdu dari berbagai sumber.

6 fakta Hanyang Cyber University tempat anggota BTS menuntut ilmu

1. Berdiri Sejak 1939

Perguruan tinggi ini pada mulanya di berbentuk lembaga teknik pertama di Korea Selatan Institut Teknik DongA pada 1939 silam, seperti yang dikutip dari buku Hanyang University At a Glance.

Kemudian perguruan tinggi ini juga mendirikan sekolah arsitektur dan teknik sipil pertama di Korea. Hingga pada 2003, Kluster Riset Pendidikan dan Industri terbentuk dan menempati peringkat pertama sebagai universitas cyber dengan jumlah siswa mencapai 1.500 orang.

Pada tahun 2019 merupakan tahun ke-80 Hanyang University berdiri sekaligus meraih peringkat universitas terbaik dunia ke-150 oleh QS World University Rankings.

2. Formasi Jurusan

Ada berbagai jurusan di Hanyang Cyber University. Pada awal didirikan, sekolah ini memiliki tiga departemen, yakni Teknik Informatika dan Komunikasi, Desain Ruang, dan Periklanan.

Namun, saat ini sudah ada beberapa tambahan departemen, seperti Teknik, Ekonomi dan Bisnis Administrasi, Ilmu Sosial, Hukum, Desain, dan Bahasa Asing.

3. Raih Banyak Penghargaan

Berkat kualitasnya yang baik, Hanyang Cyber University menerima banyak penghargaan, contohnya di tahun 2010 dipilih oleh Sports Chosun sebagai universitas cyber dengan kepuasan pelanggan terbaik selama 5 tahun berturut-turut.

Kemudian, penghargaan sebagai peringkat pertama universitas cyber oleh indeks Korea Standard Association Service Quality Index selama 5 tahun berturut-turut.

4. Cara Daftar

Ada beberapa persyaratan yang ditentukan Hanyang Cyber University untuk calon pendaftar. Pertama adalah semua materi program dikirim dalam bahasa Korea. Tidak perlu skor kemampuan berbahasa Korea namun mampu memiliki kemampuan bahasa Korea.

Kemudian, untuk biaya pendaftaran dikenakan sebesar 30.000 Won. Selanjutnya biaya masuk dikenakan 300.000 Won, lalu uang kuliah dasar 960.000 Won, dan biaya dewan siswa 20.000.

5. Ada Beasiswa untuk Mahasiswa Asing

Menurut laman resmi Hanyang Cyber University, kampus ini menerima lebih dari 7.400 mahasiswa asing setiap tahunnya. Bahkan setiap tahun pula kampus ini mengirim lebih dari 3.000 mahasiswa untuk belajar di luar negeri.

Pada tahun ini, Hanyang University membuka dua beasiswa bagi mahasiswa asing, yaitu Hanyang International Excellence Awards dan Global Korea Scholarship.

Penerima beasiswa nantinya akan diberikan potongan uang kuliah dan uang saku dalam periode tertentu. Informasi selengkapnya dapat kunjungi laman https://www.hanyang.ac.kr/web/eng/scholarships1.

6. Tempat Kuliah BTS hingga Chen EXO

Ada banyak yang bakal menjadi alumni penting Hanyang Cyber University. Sebab, bintang besar idol K-Pop seperti BTS dan Chen EXO menjadi salah satu mahasiswa di sana.



Simak Video "Keistimewaan BTS Meal yang Bikin Para Army Rela Antre Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia